Penerapan Metode Design Thinking dalam Peningkatan Kecepatan Pelayanan Program Loyalitas G CARD PT Grand Indonesia

Pandia, Zefanya Louis (2022) Penerapan Metode Design Thinking dalam Peningkatan Kecepatan Pelayanan Program Loyalitas G CARD PT Grand Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (667kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dalam pengembangan pelayanan G CARD Grand Indonesia dengan menerapkan metode Design Thinking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan eksploratif yang berfokus pada studi kasus analisis pelayanan program G CARD yang dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking dengan tahapan emphatize, define, ideate, prototype dan test. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode interview contextual inquiry sesuai dengan empathize mapping method. Peneliti memilih 5 orang responden yang sesuai dengan kebutuhan penelitian ini. Berdasarkan hasil empathize map yang dilakukan kepada para user, ditemukannya kebutuhan pelayanan G CARD yang bisa memproses transaksi yang cepat, kemudahan dalam mendapatkan voucher, adanya platform online untuk menyampaikan keluhan dan masukan terkait program G CARD. Adapun ide yang menjadi pilihan peneliti adalah menggunakan layanan Whatsapp bisnis yang mengintegrasikan program G CARD dan customer service digital dalam menjawab kebutuan user. Penelitian ini menghasilkan rancangan berupa prototype aplikasi Whatsapp Bisnis yang bisa mempercepat proses pelayanan pada customer journey G CARD member dari 20 menit hanya menjadi 2 menit. Peneliti menyarankan agar manajemen Grand Indonesia mengembangkan pelayanan digital program G CARD menggunakan Whatsapp Bisnis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Empathy Map, Whatsapp Bisnis, Program Loyalitas & G CARD
Subjects: Business
Management > Business Plan > Business
Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Customer Satisfaction
Business > Entrepreneur
Management > Business Plan > Business > Entrepreneur
Marketing
Business > Technopreneurship
Management > Business Plan > Business > Technopreneurship
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Zefanya Louis Pandia
Date Deposited: 17 Aug 2022 09:23
Last Modified: 17 Aug 2022 09:23
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6375

Actions (login required)

View Item View Item