Analisis Penerapan Offline dan Online Marketing dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus pada UMKM Keripik Talas Dessy)

Rizka, Ramadhani (2022) Analisis Penerapan Offline dan Online Marketing dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus pada UMKM Keripik Talas Dessy). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 01. BAB I-III] Text (01. BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB V] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 05. Lampiran] Text (05. Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah salah satu penopang perekonomian Indonesia. Jutaan UMKM Indonesia kini tengah berkembang di berbagai sektor. Salah satunya di sektor pangan yaitu, UMKM Keripik Talas Dessy (produsen oleh-oleh khas Minangkabau) yang berasal dari Sumatera Barat. Penulisan ini akan menggambarkan bagaimana UMKM Keripik Talas Dessy menerapkan aspek offline dan online marketing dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Serta menunjukkan bagaimana UMKM Keripik Talas Dessy mampu mengembangkan usahanya. Untuk melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian penulis peroleh langsung dari pemilik usaha yaitu, Ibu Dessy Andriani. Dari hasil penelitian UMKM Keripik Talas Dessy melakukan offline marketing dengan berbagai strategi diantaranya, memperhatikan kualitas produk, mengutamakan penjualan melalui outlet resmi, pemasaran melalui reseller, serta penggunaan radio, banner sebagai promosi produk. Sedangkan pada online marketing pemilik usaha menerapkan dengan cara menggunakan shopee, instagram, dan pemasaran melalui dropshipper. Volume penjualan offline marketing tahun 2020 mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, namun pemilik usaha menggunakan online marketing untuk mengembalikan keadaan. Hingga saat ini UMKM Keripik Talas Dessy sudah berjalan dengan normal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Offline Marketing, Online Marketing, Volume Penjualan, UMKM
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising
Management
Marketing
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rizka Ramadhani
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:21
Last Modified: 19 Aug 2022 02:21
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6518

Actions (login required)

View Item View Item