ANALISIS CONSUMER BEHAVIOR PEMBELIAN ALBUM “DON’T FIGHT THE FEELING” PADA SELF-ESTEEM PENGGEMAR K-POP EXO

Azhari, Sharon Aulia (2022) ANALISIS CONSUMER BEHAVIOR PEMBELIAN ALBUM “DON’T FIGHT THE FEELING” PADA SELF-ESTEEM PENGGEMAR K-POP EXO. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena Korean wave yang melingkupi berbagai budaya dan industri hiburan yang ada di negara Korea tidak luput dari K-Pop serta K-Drama. Nyatanya telah memberikan pengaruh besar terutama bagi remaja mulai dari gaya berpakaian juga kosmetik yang dikenakan, serta apapun yang berhubungan dengan sang idolanya, salah satu adalah grup EXO yang terkenal di Indonesia. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perilaku konsumen khususnya dalam pembelian album “Don’t Fight the Feeling” pada self-esteem penggemarnya. Penelitian akan menggunakan konsep perilaku konsumen (consumer behavior) ditinjau dari kognitif, afektif, dan konatif. Kemudian, faktor-faktor yang mendukung perilaku konsumen tersebut dan empat aspek dalam self-esteem. Metode yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi, dengan pengambilan data dari tiga informan kunci yang merupakan penggemar EXO, serta dua informan ahli di bidang consumer behavior dan self-esteem, melalui wawancara secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembelian album tersebut melibatkan tiga aspek sikap yakni kognitif, afektif, dan konatif, dengan beberapa tipe kronologi. Selain itu, keterlibatan empat faktor juga memengaruhi perilaku konsumen yakni para penggemar grup EXO. Empat faktornya adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Lalu, salah satu aspek yang belum ditemukan secara signifikan dari aspek self-esteem para informan ialah aspek virtue, sebab implementasinya diperlukan alat penelitian yang lebih terukur. Aspek lainnya yakni grup EXO dijadikan role model bagi mereka terjadi exchange values yang membuat para informan mampu belajar mengenal dirinya (significance), membantu mengembangkan potensi yang ada pada diri sendiri (competence), serta kemampuan mempengaruhi orang lain (power).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: K-Pop, self-esteem, perilaku konsumen, EXO
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sharon Aulia Azhari
Date Deposited: 19 Aug 2022 10:14
Last Modified: 19 Aug 2022 10:14
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6606

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item