Pengalaman Perseptual Jemaat GSKI Perdatam Terkait Subbrand Gereja Bidang Pelayanan Pemuda

Pangaribuan, Yohanes (2022) Pengalaman Perseptual Jemaat GSKI Perdatam Terkait Subbrand Gereja Bidang Pelayanan Pemuda. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Bab I-III] Text (Bab I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Dengan pendekatan fenomenologi persepsi oleh Maurice Merleau-Ponty (1945), penelitian ini ingin menangkap gambaran pengalaman perseptual yang dirasakan jemaat saat berinteraksi dengan Bidang Pelayanan Pemuda GSKI Perdatam. Sebagai sebuah subbrand gereja, Bidang Pelayanan Pemuda GSKI Perdatam mengalami kendala dalam regenerasi anggotanya, di mana sangat sedikit jemaat muda dari Bidang Pelayanan Remaja yang bergabung dengan bidang ini saat sudah tiba waktunya untuk naik bidang dan banyak pula anggota yang meninggalkan bidang pelayanan ini. Melalui metode fenomenologi tersebut, Penulis menemukan bahwa interaksi antara jemaat GSKI Perdatam dengan Bidang Pelayanan Pemuda menghasilkan persepsi yang baik namun kurang mengasyikkan. Bidang Pelayanan Pemuda GSKI Perdatam dipersepsikan sebagai organisasi yang ramah, hangat, dan merangkul, namun dalam pengemasan kegiatannya dipandang monoton oleh jemaat generasi Z. Penulis menyarankan Bidang Pelayanan Pemuda GSKI Perdatam mengubah strategi branding-nya dengan lebih menyasar kepada kebutuhan generasi Z yang mengharapkan momen-momen mengasyikkan dalam komunitas rohaninya. Diperlukan tailored program dan customized brand communication yang tepat di sana. Memang hal ini tidak mudah. Maka dari itu, Penulis pun menyarankan GSKI Perdatam menambah personel pelayan penuh waktu (fulltimer) untuk membantu pengelolaan kegiatan Bidang Pelayanan Pemuda.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: church branding, fenomenologi persepsi, Merleau-Ponty, teori generasi
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yohanes Pangaribuan
Date Deposited: 20 Aug 2022 13:04
Last Modified: 20 Aug 2022 13:04
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6660

Actions (login required)

View Item View Item