Suharyanti, Suharyanti (2019) MENGEMBANGKAN BRAND ASSOCIATION DALAM KAMPANYE KESEHATAN GenRe (Generasi Berencana). In: Seminar Nasional Penyuluhan, Komunikasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat: Kontribusi Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan untuk Memperkuat Kemandirian Masyarakat Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0, 2 Mei 2019, Padang.
Preview |
Text (pdf)
prosiding penyuluhan.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Makalah ini mengkaji kampanye kesehatan - Generasi Berencana (GenRe) yang diprakasai oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan ditujukan kepada remaja Indonesia untuk mencegah perilaku seks bebas, pernikahan dini dan penyalahgunaan NAPZA. Tujuan makalah ini menjelaskan pentingnya menciptakan brand association yang didukung dengan aktivitas di media sosial dalam menciptakan ikatan (engagement) dalam kampanye Generasi Berencana yang menyasar remaja di Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan konsep branding dan media sosial. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan informan yang merepresentasikan khalayak sasaran GenRe. Tantangan dalam melaksanakan kampanye Genre saat ini adalah upaya menciptakan kedekatan (engagement) dengan remaja yang menjadi khalayak sasaran. Brand association perlu diciptakan agar remaja merasa program Genre merepresentasikan karakter mereka. Pemilihan platform digital (media sosial) yang digunakan untuk kampanye Genre sejauh ini sudah tepat, namun konten yang diunggah masih bersifat satu arah dan kurang dapat menciptakan interaksi dan kedekatan yang lebih intens. Dengan mengelaborasi product related performance association dan non product related performance association secara optimal maka brand association yang tepat dapat diciptakan sehingga remaja dapat mempersepsi bahwa program Genre “gue banget”, yang artinya konten pada kampanye GenRe sesuai dengan keseharian dan harapan mereka sebagai remaja.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand association, product related performance association, non product related performance. Association, engagement, media sosial. |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 09:30 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 09:31 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6972 |
Actions (login required)
View Item |