Efektivitas Kebijakan Pembatasan Lalu Lintas Ganjil Genap dalam Mengurangi Kemacetan di Provinsi DKI Jakarta

Pramiza, Ahmad Zulfikar (2023) Efektivitas Kebijakan Pembatasan Lalu Lintas Ganjil Genap dalam Mengurangi Kemacetan di Provinsi DKI Jakarta. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
04. BAB Daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka pertumbuhan serta penggunaan kendaraan berupa mobil pribadi di DKI Jakarta menyebabkan terjadinya kepadatan lalu lintas yang cukup parah, terutama di jam-jam sibuk.Oleh karenanya, dibutuhkan langkah-langkah kongkrit untuk dapat mengurangi kemacetan ini, yaitu dengan cara melakukan pembatasan lalu lintas. Kebijakan pembatasan lalu lintas yang digunakan ialah dengan sistem ganjil genap. Namun dalam perkembangannya, efektivitas dari kebijakan ini dipertanyakan dan diragukan, melihat jalan-jalan di DKI Jakarta yang masih selalu padat, serta adanya perumusan kebijakan baru yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggantikan kebijakan ganjil genap, yaitu ERP (Electronic Road Pricing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai efektivitas dari kebijakan ganjil genap sebagai salah satu cara untuk mengurangi kemacetan di DKI Jakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dengan beberapa informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap ini belum bisa dikatakan efektif karena minimnya kepuasan masyarakat sebagai akibat dari masih sering terjadinya kemacetan yang cukup parah di jalan-jalan kawasan ganjil genap.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pembatasan lalu lintas, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Ganjil genap
Subjects: Political Science > Public Policy
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Ahmad Zulfikar Pramiza
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:39
Last Modified: 24 Feb 2023 04:39
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7366

Actions (login required)

View Item View Item