Kolaborasi SM Entertainment dan Pemerintah Korsel Menjadikan EXO Sebagai Instrumen Diplomasi Budaya dalam Sektor Pariwisata

Alfath, Rossydah Azkia (2023) Kolaborasi SM Entertainment dan Pemerintah Korsel Menjadikan EXO Sebagai Instrumen Diplomasi Budaya dalam Sektor Pariwisata. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Bab Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 05. Lampiran] Text (05. Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis kolaborasi SM Entertainment, Kemenpora Korsel, dan KTO dalam memanfaatkan idol grup EXO sebagai instrumen diplomasi budaya dalam sektor pariwisata Korsel. Kepopuleran idol grup EXO di industri Kpop dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai jembatan diplomasi budaya Korsel. Penulis menggunakan paradigma Neoliberalisme dengan pendekatan teori Diplomasi Budaya serta Kemitraan Publik-Privat membahas tentang kemitraan publik dan swasta dalam menjalankan program dan kebijakan budaya di sektor pariwisata melalui elemen kemitraan publik-privat dan nation branding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data studi literatur dan dokumentasi. Penelitian sebelumnya hanya berfokus tentang peran pemerintah atau swasta dalam mempromosikan produk budaya sebagai strategi diplomasi publik Korsel. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan kemitraan publik-privat dan nation branding memiliki hasil positif terhadap proses kemitraan publik dan swasta dengan melibatkan selebriti sebagai produk budaya Korsel. Namun, proses dalam kemitraan ini terdapat hambatan yang perlu ditinjau secara cermat guna meningkatkan produk budaya kepada publik internasional.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kemitraan Publik-Privat, Diplomasi Budaya, Hallyu, EXO
Subjects: Political Science > International Relations
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Rossydah Azkia Alfath
Date Deposited: 03 Aug 2023 09:25
Last Modified: 03 Aug 2023 09:25
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7826

Actions (login required)

View Item View Item