Dzaky, Dzaky Mubaraq Ulya (2023) KEBERASAAN PESAN LOVE CAMPAIGN DALAM HOTEL BRANDING (Studi Resepsi Traveler-Backpaker dengan Pendekatan Model Komunikasi Berasa). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00 COVER.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (457kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
Abstract
Saat pandemi Covid-19, komunitas pengusaha hotel di Yogyakarta menyelenggarakan kampanye “From Jogja with Love” yang dikenal juga dengan sebuatan Love Campaign untuk menunjukkan kepedulian dan keprihatinan terhadap situasi pandemi, sekaligus menunjukkan eksistensi perhotelan yang ikut terdampak PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) oleh pemerintah. Berita dan representasi visual kampanye tersebut menyebar luas melalui media sosial dan daring. Penelitian ini focus pada resepsi para traveler dan backpacker terhadap Love Campaign melalui pendekatan teori Komunikasi Berasa (experientially-meaningful communication). Menggunakan metode analisis resepsi dengan wawancara mendalam terhadap tiga informan utama, penelitian ini menemukan berbagai makna keberasaan pesan, baik dari dimensi keberasaan pesan indrawi, emosional, rasional, relevansional, benefisial, dan sosial. Keberasaan pesan kampanye didukung oleh strategi komunikasi yang mengoptimalkan situasi pandemi, sehingga para backpacker merasakan makna yang mendalam di tengah keterbatasan dan pembatasan gerak fisik. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan teori Komunikasi Berasa dalam konteks hotel branding dan dapat menjadi rujukan bagi para profesional untuk menerapkan strategi komunikasi berasa guna mengefektifkan pesan kampanye dan mendekatkan merek dan konsumen, terutama dalam situasi-situasi spesifik seperti pandemi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hotel Branding, Analisis Resepsi, Wijaya’s Komunkasi Berasa, Love Campaign, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dzaky Mubaraq Ulya |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 02:33 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 02:33 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7913 |
Actions (login required)
View Item |