Damayanti, Puspita (2023) Pengaruh Kampanye “Waktu Indonesia Belanja (WIB)” Pada Aplikasi Tokopedia Terhadap Perilaku Konsumtif Followers Instagram Tokopedia. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (800kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (850kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (51kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi telah menjadi bagian dari kehidupan sejak dahulu hingga saat ini dalam menyampaikan pesan antara pengirim pesan dan penerima. Di era yang semakin maju, kemudahan dalam berkomunikasi telah mencapai kemudahan bagi masyarakat. Dalam komunikasi pemasaran, berbagai industri terpapar arus cepat dan berlomba-lomba dalam memasarkan produk yang mereka punya. Tak terkecuali industri e-commerce. Tokopedia sebagai salah satu e-commerce di Indonesia telah berdiri sejak 10 tahun lalu, berinovasi dalam memasarkan produk dengan kampanye-kampanye yang mereka lakukan sebagai bentuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kampanye Waktu Indonesia Belanja milik Tokopedia terhadap perilaku konsumtif followers Instagram Tokopedia. Populasi merupakan followers Instagram Tokopedia dengan 100 sampel yang juga sebagai pengguna aplikasi Tokopedia. Skala pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala semantic diferensial dengan skala interval 1 hingga 7. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa uji R memiliki nilai 0.611. Nilai R Square menunjukkan angka determinasi sebesar 0.373 dimana dikatakan bahwa terdapat pengaruh sebesar 37 persen antara kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) Tokopedia (X) terhadap perilaku konsumtif followers Instagram Tokopedia (Y). Sisa 63 persen dipengaruh oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antar kedua variabel walaupun menunjukkan pengaruh yang rendah.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kampanye, perilaku konsumen, perilaku konsumtif, e-commerce, kampanye pemasaran, Instagram, aplikasi. |
Subjects: | Business > Advertising Management > Business Plan > Business > Advertising Marketing > Advertising Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Puspita Damayanti |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 09:12 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 09:12 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8138 |
Actions (login required)
View Item |