Lita, Indira Cemara (2023) Strategi Pesan Public Relations PT Kereta Commuter Indonesia Dalam Mengelola Penumpukan Penumpang KRL Commuter Sebagai Upaya Mempertahankan Citra Perusahaan. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version Download (219kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (963kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (52kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version Download (97kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (708kB) |
Abstract
Public relations mempunyai terikatan yang sangat erat dengan sebuah komunikasi, yang baik dari perusahaan ke publik. Strategi pesan yang dibangun oleh public relations harus memiliki sifat dua arah dengan maksud tujuan untuk dapat menciptakan sebuah informasi sehingga tidak ada harapan atau informasi yang terhambat. Hal tersebut turut dimaksimalkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia dalam mengelola penumpukan penumpang dengan memberikan informasi melalui sosialisasi dan edukasi kepada pengguna KRL commuter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi pesan public relations dalam mengelola penumpukan penumpang sebagai upaya mempertahankan citra perusahaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif dan menggunakan teknik wawancara dan observasi, penelitian ini dikaji menggunakan teori strategi pesan public relations dari Harwood Child (2010) dan teori citra dari John S. Nimpoeno (2015). Temuan dari penelitian ini menjabarkan dengan jelas bagaimana pentingnya publisitas, penyajian topik dan korelasi informasi dalam mengelola pesan saat potensi penumpukan terjadi. Lalu terdapat faktor hambatan dalam strategi publicity informasi yang diberikan kurang informatif dan efektif, lalu dalam strategi persuasion keyakinan belum didapat oleh pengguna KRL commuter mengenai informasi, dan yang terakhir dalam strategi image dalam mempertahankan citra belum dilakukan dalam human relations dan social marketing.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pesan public relations, Citra, PT Kereta Commuter Indonesia |
Subjects: | Communication Science Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Indira Cemara Lita |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 10:24 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 10:24 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8164 |
Actions (login required)
View Item |