Wijaya, Evelyne Yudith Karlina (2023) Pengaruh Iklan Branded Preloved Clothing di Instagram @sekenskuycatalogue Terhadap Perilaku Konsumtif (Survei Pada Komunitas Thrift Shop Jawa Timur). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Keinginan untuk memiliki fashion berkualitas dengan merek terkenal membuat kebanyakan masyarakat Indonesia tertarik pada pakaian bekas tetapi tentunya kata dari pakaian bekas meninggalkan kesan negatif, oleh karena itu munculah kata pengganti, yaitu preloved atau thrift shop yang memberikan value lebih tinggi pada produk secondhand yang dijual tersebut. Thrift shop yang tadinya hanya dapat ditemui dan dibeli secara offline, saat ini dapat dibeli oleh masyarakat secara mudah melalui media sosial seperti Instagram. Saat ini para penggemar thrift shop akan sangat mudah untuk mencari thrift shop di Instagram hanya dengan memasukan kata kunci di fitur search, maka akan banyak sekali thrift shop yang muncul. Salah satu thrift shop online di dalam instagram yang cukup terkenal adalah @sekenskuycatalogue, yang dikelola oleh beberapa public figure sehingga banyak dikenal oleh kalangan anak muda dan penggemar thrift shop. Dengan banyaknya pelaku usaha online thrift shop di Instagram berlomba-lomba untuk membangun profil bisnis mereka, membuat iklan online thrift shop mereka sekreatif mungkin dengan membuat konten-konten yang dapat menarik perhatian para penggemar pakaian thrift yang menggunakan Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh terpaan iklan dari @sekenskuycatalogue terhadap perilaku konsumtif pada komunitas thrift shop Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei yang disebar kepada 88 sampel yakni orang-orang yang tergabung dalam komunitas thrift shop Jawa Timur. Dengan menggunakan analisis deskripsi dan analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil r square sebesar 9,7% dengan P < 0,05. Hasil ini memberikan kesimpulan bahwa terpaan iklan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Iklan, Perilaku Konsumtif, Thrift Shop, Instagram |
Subjects: | Communication Science > Public Relations Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Evelyne Yudith Karlina Wijaya |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 07:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 07:54 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8263 |
Actions (login required)
View Item |