ANALISIS KONDISI PERKERASAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER STUDI KASUS JALAN RUAS SIMPANG GERMAN CENTRE - SIMPANG AUTOPART BSD

Fauzi, Muhammad (2023) ANALISIS KONDISI PERKERASAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER STUDI KASUS JALAN RUAS SIMPANG GERMAN CENTRE - SIMPANG AUTOPART BSD. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB)

Abstract

Untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan dengan menggunakan suatu sistem getaran yang dipasang pada kendaraan mobil yang melintasi jalan frekuensi gelombang getaran yang dihasilkan oleh sensor getar Accelerometer MMA7361 Hasil penggunaan sistem getaran dalam pemeliharaan jalan dapat diketahui dengan frekuensi gelombang getaran yang dihasilkan oleh beban yang melintasi permukaan jalan yang rusak sehingga menimbulkan frekuensi gelombang getaran yang dapat dimanfaatkan untuk perbaikan jalan dengan sistem komputerisasi berkembang di dalam bidang transportasi. Penelitian ini dilakukan secara langsung jalan ruas Simpang German Centre – Simpang Autopart BSD mempunyai panjang ruas jalan adalah 1,5 km dengan STA 0+000 sampai dengan STA 1+500 dengan lebar panjang jalan 6 m, persentase kerusakan jalan Presentasse Retak Memanjang 3.45%, Retak Kulit Buaya 17.30%, Retak Pinggir 0.86%, Tambalan 65.11%, Pengelupasan 3.29%, Amblas 8.29%, Agregat Licin 1.71% Mendapatkan kerusakan dari hasil data menggunakan alat accelerometer sensor 1 yaitu rata-rata 0.98 m/s², sensor 2 yaitu rata-rata 0.96 m/s², dan untuk sensor 3 yaitu rata-rata 1.01 m/s², sehingga memiliki perubahan-perubahan gaya dikarenakan sensor membaca adanya gerakan kerusakan jalan yang membuat sensor adanya kenaikan dan penurunan grafik, Untuk kerusakan yaitu retak memanjang sebesar 3.45%, retak kulit buaya sebesar 17.30%, retak pinggir sebesar 0.86%, pengelupasan sebesar 3.29%, amblas sebesar 8.29%, agregat licin sebesar 1.71%, dan untuk kerusakan yang sering terjadi yaitu tambalan sebesar 65.11%, Untuk metode penanganan kerusakan menurut bina marga sepanjang jalan simpang german centre – simpang autopart bsd adalah penebaran pasir, pengaspalan, mengisi retake ,penambalan lubang ,dan juga perataan

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Perkerasan jalan, kerusakan jalan, metode bina marga, sensor accelerometer, MMA 7361
Subjects: Civil Engineering > Transportation Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Muhammad Fauzi
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:49
Last Modified: 31 Aug 2023 07:49
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8276

Actions (login required)

View Item View Item