Analisis Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Pasca Menonton Film Pergaulan Bebas Dua Garis Biru Pada Platform Netflix Sebagai Pemasaran Sosial

Srinabila, Andini Khansa (2023) Analisis Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Pasca Menonton Film Pergaulan Bebas Dua Garis Biru Pada Platform Netflix Sebagai Pemasaran Sosial. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Submitted Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Peran media massa sebagai media edukasi turut serta dalam mempengaruhi mahasiswa melalui film “Dua Garis Biru”. Penelitian ini membahas “Analisis Sikap Mahasiswa Ilmu komunikasi Unversitas Bakrie Pasca Menonton Film Pergaulan Bebas Dua Garis Biru Pada Platform Netflix Sebagai Pemasaran Sosial”. Film Dua Garis Biru merupakan film yang bercerita tentang remaja yang mengalami kehamilan di usia remaja. Banyak konflik yang dihadapinya, remaja harus menerima konsekuensi atas perbuatan yang telah dilakukan. Film dua Garis Biru menjadi tools dari pemasaran sosial. Pemasaran sosial adalah aplikasi sitematis yang memiliki tujuan perilaku tertentu untuk kebaikan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie pasca menonton film Dua Garis Biru melalui komponen kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teori sikap yang mana hasil penelitian akan ditempatkan pada tiga dimenasi yaitu kognitif mengacu pada pengetahuan, afektif mengacu pada perasaan dan konatif megacu pada perilaku. Untuk mendapatkan hasil penelitian ini dilakukan melalui wawancara dengan narasumber yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dan praktisi psikologi selaku triangulator. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa film “Dua Garis Biru” memberikan pemaknaan yang terbentuk pada mahasiswa melalui pengetahuan pendidiakan sex, perasaan setelah mengetahu konsekuensi seks pranikah dan berperilaku positif dalam pergaulan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Film Dua Garis Biru, Sikap, Mahasiswa, Pemasaran Sosial, Kognitif, Konatif, Afektif
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Mass Media Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andini Khansa Srinabila
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:12
Last Modified: 30 Aug 2023 02:12
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item