ANALISIS KAMPANYE HITAM BERNUANSA SARA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER YANG TERJADI PADA PASLON PRABOWO-SANDI DAN JOKOWI-AMIN PADA PILPRES 2019 DI INDONESIA

Mathindas, Mandasya Regina Prischa (2023) ANALISIS KAMPANYE HITAM BERNUANSA SARA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER YANG TERJADI PADA PASLON PRABOWO-SANDI DAN JOKOWI-AMIN PADA PILPRES 2019 DI INDONESIA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye hitam di media sosial pada pemilihan presiden 2019 lalu. Dalam hal ini, Penulis menganalisis berbagai isu black campaign yang menerpa dua pasangan calon, yakni Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang bersumber dari hasil penelusuran di internet, yang merupakan publikasi dari portal berita online. Selain itu, data penelitian ini juga bersumber dari berbagai literatur pendukung yang relevan, seperti buku dan artikel jurnal. Hasil peneltiian menunjukkan bahwa media sosial berperan dalam penyebaran isu black campaign pada pemilihan presiden 2019 lalu. Pasangan calon Prabowo-Sandi mengalami serangan terbuka, serangan sporadis, dan bahkan kampanye harakiri. Sementara itu, pasangan calon Jokowi-Amin menghadapi kampanye hitam yang berbentuk serangan sporadis dengan unsur SARA. Respons dari kedua tim pemenangan pasangan calon tersebut tampaknya serupa, yaitu menekankan tindakan hukum terhadap fitnah yang tidak terbukti. This study aims to find out the black campaign on social media in the 2019 presidential election. In this case, the author analyzes various black campaign issues that hit two candidate pairs: Jokowi-Amin and Prabowo-Sandi. The research method used is a descriptive method with a qualitative approach. The data used in this study is secondary data sourced from search results on the internet, which are publications from online news portals. In addition, the research data is also sourced from relevant supporting literature, such as books and journal articles. The research results show that social media played a role in spreading the black campaign issue in the 2019 presidential election. The Prabowo-Sandi candidate pair experienced open attacks, sporadic attacks, and even a harakiri campaign. Meanwhile, the Jokowi-Amin candidate pair faced a black campaign in the form of sporadic attacks with racial elements. The response from the two winning teams of the candidate pairs seems similar, namely emphasizing legal action against unproven slander.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kampanye Hitam, Pemilihan Presiden, Pemilu 2019, Media Sosial, SARA, Facebook, Twitter, Prabowo-Sandi, Jokowi-Amin Keywords: Black Campaign, Presidential Election, 2019 Election, Social Media, ethnicity, religion, race and intergroup, Facebook, Twitter, Prabowo-Sandi, Jokowi-Amin
Subjects: Political Science > International Relations
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: MANDASYA REGINA PRISCHA
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:49
Last Modified: 05 Sep 2023 07:49
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8680

Actions (login required)

View Item View Item