Tuhfahhani, Ammara (2023) City Branding Jakarta Smart City Melalui Aplikasi JAKI (Studi Kasus Pada Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (664kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (117kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai salah satu kota dengan jumlah penduduk terbesar, sejak tahun 2014 DKI Jakarta mulai menerapkan konsep kota pintar dalam sistem pengelolaan kota. Jakarta Smart City (JSC) berangkat dari cita-cita kota Jakarta untuk membangun kota pintar dengan sistem tata kelola kota yang telah terintegrasi dengan teknologi dan internet demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat, membentuk SDM yang unggul, serta pelayanan publik yang lebih baik. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai strategi city branding yang dilakukan oleh Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta untuk mencapai Jakarta Smart City (JSC) melalui supperapps yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta yakni JAKI (Jakarta Kini). Isu ini akan ditelaah menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi dan situasi dari berbagai data yang dikumpulkan hasil dari wawancara atau pengamatan secara langsung dengan berlandaskan pada teori strategi city branding. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi city branding yang diterapkan oleh Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta telah sesuai dengan 4 indikator yang dikemukakan oleh Andrea Inch, namun aplikasi JAKI belum sepenuhnya berhasil membentuk smart city karena belum dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas sehingga perlu adanya pengkajian lebih mendalam pada strategi komunikasi yang dibentuk dan diterapkan dalam membentuk awareness masyarakat terhadap aplikasi JAKI.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi City Branding, Jakarta Smart City, JAKI |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Digital Communication Communication Science > Public Relations Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ammara Tuhfahhani |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 07:57 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8693 |
Actions (login required)
View Item |