Budiman, Muhamad Arif (2017) Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) terhadap Loyalitas Pelanggan (Customer Loyalty) pada Penerbangan Berkonsep Low Cost Carrier. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (595kB) |
|
Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text (pdf)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (495kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada penerbangan berkonsep low cost carrier. Variabel kualitas layanan menggunakan model khusus jasa transportasi P-TRANSQUAL yang memiliki 4 variabel yaitu kenyamanan, keberwujudan, faktor personal, dan kehandalan yang akan diuji dengan variabel loyalitas pelangan. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini disebarkan kepada 225 responden secara online yang merupakan pengguna penerbangan berkonsep low cost carrier. Data ini dikumpulkan dan diolah menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kenyamanan, keberwujudan dan kehandalan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan namun variabel faktor personal tidak menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dapat diartikan bahwa faktor penentu loyalitas pelanggan penerbangan low cost carrier adalah kenyamanan, keberwujudan dan kehandalan sedangkan faktor personal tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap penggunaan penerbangan low cost carrier. Penulis merekomendasikan kepada perusahaan penerbangan berkonsep low cost carrier untuk memperhatikan variabel kehandalan yang merupakan salah satu variabel yang sangat dominan bagi terbentuknya loyalitas pelanggan dalam kasus ini. Oleh karena itu, hendaklah perusahaan penerbangan terus memperhatikan faktor tersebut seperti lebih meningkatkan jumlah ketersediaan jadwal penerbangan per harinya pada setiap bandara dan meningkatkan ketepatan waktu penerbangan sesuai jadwal yang ditetapkan sehingga dapat lebih meningkatkan tingkat loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, P-TRANSQUAL, Loyalitas Pelanggan, Service Quality, P-TRANSQUAL, Customer Loyalty |
Subjects: | Management Marketing Service Quality Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | M. Arif Budiman |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 09:37 |
Last Modified: | 21 Aug 2017 09:37 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/871 |
Actions (login required)
View Item |