PENGARUH GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN DI INDONESIA: STUDI KASUS PERUBAHAN PERSEPSI GENZ DKI JAKARTA TERHADAP KULINER LOKAL (2020-2023)

Pandeti, Andelia Lisa (2024) PENGARUH GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN DI INDONESIA: STUDI KASUS PERUBAHAN PERSEPSI GENZ DKI JAKARTA TERHADAP KULINER LOKAL (2020-2023). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh Gastrodiplomasi Korea Selatan melalui Korean Wave terhadap Perubahan Persepsi GenZ DKI terhadap Kuliner Lokal di Jakarta, Indonesia. Korea Selatan menggunakan Gastrodiplomasi sebagai alat untuk mempromosikan budaya dan citra negaranya di luar negeri, dan fenomena Korean wave, K-pop, drama, dan program Hansik Global adalah kunci untuk mempengaruhi media, fashion, dan khususnya kuliner di Indonesia. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena Indonesia mempunyai beragam kuliner lokal dan dalam upaya menjaga agrisentra kuliner, perlu adanya pengembangan dan pelestarian agar warisan kuliner tidak terlupakan seiring berjalannya waktu oleh karena itu perlu adanya penelitian ini untuk memahami apa yang menyebabkan terjadinya perubahan persepsi GenZ terhadap kuliner lokal Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori Neoliberalisme sebagai grand theory serta beberapa teori pendukung lainnya seperti teori Diplomasi Publik dan Perubahan Persepsi, serta teori Gastrodiplomasi selain itu penelitian ini juga menggunakan konsep National Branding, Soft Power dan Cross Cultural Marketing. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan menggumpulkan responden dari 385 responden GenZ di DKI Jakarta. Penelitian ini berfokus kepada bagaimana dan apakah Gastrodiplomasi Korea Selatan di Indonesia dapat memengaruhi perubahan persepsi GenZ terhadap makanan lokal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Korea Selatan menimbulkan perubahan persepsi GenZ DKI Jakarta terhadap kuliner Lokal, perubahan persepsi ini terjadi secara organik, dimana GenZ tertarik untuk mencicipi kuliner Korea dikarenakan menonton drama Korea serta mendapatkan informasi di Sosial Media. Hasil penelitian juga menunjukan tingginya apresiasi dari GenZ terhadap kuliner Korea Selatan, sehingga hal tersebut membuat GenZ mengesampingkan kuliner lokal Indonesia.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Gastrodiplomasi, Nation Branding, Perubahan persepsi, Korean wave, GenZ
Subjects: Political Science > International Studies
Political Science > International Relations
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Andelia Lisa Pandeti
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:05
Last Modified: 28 Feb 2024 09:05
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9116

Actions (login required)

View Item View Item