Strategi Media Relations dalam Kampanye “Tolak Jadi Target” Oleh Smoke Free Agents untuk Mengangkat Isu Anti Rokok Bagi Remaja Indonesia (Studi Kasus Media Relations SFA pada Media Detikcom)

Sari, Nita (2016) Strategi Media Relations dalam Kampanye “Tolak Jadi Target” Oleh Smoke Free Agents untuk Mengangkat Isu Anti Rokok Bagi Remaja Indonesia (Studi Kasus Media Relations SFA pada Media Detikcom). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 Bab I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 Bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Smoke Free Agents adalah komunitas yang memiliki agenda untuk menciptakan Indonesia sehat tanpa asap rokok. Smoke Free Agents berusaha mengangkat isu tersebut ke dalam kampanye “Tolak Jadi Target” dengan tujuan agar pemerintah menegakkan peraturan untuk melindungi generasi muda dari bahaya rokok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui proses pengangkatan isu anti rokok bagi remaja dalam kampanye, strategi media relations yang dilakukan SFA, mengetahui bagaimana strategi media relations berdampak pada pemberitaan dan pembuatan kebijakan publik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SFA mampu menurunkan isu anti rokok bagi remaja dalam kampanye dan mengoptimalkan strategi media relations secara pendekatan formal maupun komunikasi personal untuk menyebarluaskan isu ke publik. Strategi media relations tersebut mendorong pemberitaan di media detikcom karena memiliki nilai berita dan kelayakan berita. Dari strategi komunikasi dan media relations SFA, salah satu pencapaian yang didapat adalah keluarnya kebijakan mengenai kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kata kunci: isu, media relations, aspek pemberitaan, kebijakan publik

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Isu, media relations, aspek pemberitaan, kebijakan publik
Subjects: Communication Science
Communication Science > Corporate Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nita Sari
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:30
Last Modified: 22 Jul 2016 07:30
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item