ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TANDA PAGAR 2019 GANTI PRESIDEN (#2019GantiPresiden) DI VOA-ISLAM PERIODE 27 MARET – 27 APRIL 2018

Pratama, Sapta Agung (2018) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TANDA PAGAR 2019 GANTI PRESIDEN (#2019GantiPresiden) DI VOA-ISLAM PERIODE 27 MARET – 27 APRIL 2018. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (799kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (37kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jelang Pilpres 2019 perang tanda pagar (tagar) mulai ramai di media sosial. Salah satu tagar yang paling viral adalah #2019GantiPresiden. Mulai dari sebatas tagar di Twitter, kini #2019GantiPresiden sudah merambah ke berbagai media massa terutama media online. Banyak yang mencantumkan tagar ini dalam pemberitaan terkait untuk memudahkan pembaca menemukan artikel serupa. VOA-Islam di antaranya. Sebagai salah satu situs berlatar Islam yang dalam visi-misinya menyatakan diri sebagai media dakwah, VOA-Islam tercatat telah mengunggah 28 berita terkait tagar ini dalam kurun waktu 30 hari saja. Penelitian ini, berusaha mengetahui bagaimana VOA-Islam membingkai fenomena ini dalam pemberitaannya. Peneliti akan menggunakan analisis framing model Robert N. Entman yaitu dengan mengamati teks berita menggunakan empat struktur analisis framing, yaitu define problem (mengidentifikasi masalah), diagnose causes (penyebab masalah), moral evolution (penilaian moral), dan treatment recommendation (memberi solusi). Hasil analisis framing terhadap teks berita memperlihatkan VOA-Islam cenderung membuat opini agar pembaca percaya bahwa keterpurukkan sedang terjadi di negeri ini di bawah kepemimpinan Joko Widodo, sambil menawarkan gerakan #2019GantiPresiden sebagai solusinya. Rekomendasi yang dapat diberikan dalam hal pembingkaian berita ini adalah agar media pada umumnya dapat memberikan ruang yang setara saat memproduksi berita-berita dengan isu sensitif, terutama yang berbau politik. Dari segi penulisan, agar media tidak terlalu provokatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: analisis framing, Pilpres 2019, media online, tanda pagar
Subjects: Communication > Mass Communication
Communication > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sapta Agung Pratama
Date Deposited: 30 Aug 2018 07:27
Last Modified: 30 Aug 2018 07:27
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item