PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENCIPTAKAN ENGAGEMENT DENGAN PERAJIN DEKRANASDA DKI JAKARTA (Studi Kasus pada Kegiatan Pameran Jakcraft 2018)

Amalina, Ghayatsi Fika (2019) PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENCIPTAKAN ENGAGEMENT DENGAN PERAJIN DEKRANASDA DKI JAKARTA (Studi Kasus pada Kegiatan Pameran Jakcraft 2018). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (373kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (pdf)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (168kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Public Relations dianggap sebagai strategic management of relations, tidak hanya membangun relasi, tetapi juga mempertahankan relasi agar selalu bermanfaat satu sama lain. Keberlangsungan suatu organisasi juga tidak lepas dari peran dan kontribusi stakeholder. Sebagai fungsi PR, komunikasi dengan stakeholder perlu dilakukan untuk keberlangsungan organisasi. Untuk itu diperlukan peran PR dalam merealisasikan hal tersebut. Hal inilah yang mendasari peneliti untuk mengetahui bagaimana peran Public Relations dalam menciptakan stakeholder engagement dengan Perajin Dekranasda DKI Jakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian studi kasus deskripstif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa wawancara semi-structured dan data sekunder berupa studi pustaka seperti jurnal, buku, sumber berita online yang valid. Berdasarkan analisis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Pubic Relations yang didasarkan pada teori Cutlip, Center, dan Broom (2011) dalam Dekranasda DKI Jakarta yang paling dominan adalah sebagai fasilitator komunikasi. Hal ini sangat tergambar pada aktivitas publikasi yang dilakukan Dekranasda DKI Jakarta yang saat ini semakin aktif dalam merepresentasikan aktivitas anggota perajin. Peran ini menjadikan perajin sebagai stakeholder yang penting bagi Dekranasda DKI Jakarta merasa semakin terfasilitasi. Dengan peran Public Relations tersebut engagement yang dibangun Dekranasda DKI Jakarta dapat memberikan efek positif baik bagi Dekranasda DKI Jakarta maupun perajin. Keyword: public relations, stakeholder engagement, perajin

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: public relations, stakeholder engagement, perajin
Subjects: Communication > Corporate Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ghayatsi Fika Amalina
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:14
Last Modified: 14 Aug 2019 07:14
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item