STRATEGI COMMUNITY RELATIONS DALAM PROGRAM CSR PT PERTAMINA PATRA NIAGA (STUDI KASUS CSR “PEMBERDAYAAN EKONOMI KEWIRAUSAHAAN KELUARGA AMT” TBBM PULMPANG, JAKARTA)

Agustien, Citra Nabilla (2019) STRATEGI COMMUNITY RELATIONS DALAM PROGRAM CSR PT PERTAMINA PATRA NIAGA (STUDI KASUS CSR “PEMBERDAYAAN EKONOMI KEWIRAUSAHAAN KELUARGA AMT” TBBM PULMPANG, JAKARTA). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (461kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan perusahaan tidak hanya melalui dukungan pihak internal perusahaan saja, melainkan juga komunitas yang berada di sekeliling wilayah perusahaan. PT Pertamina Patra Niaga (PPN) percaya bahwa kesuksesan usaha tidak hanya diukur dari performa bisnis perusahaan, namun juga dari kemampuan untuk memberikan kontribusi bagi komunitas. Awak Mobil Tangki (AMT) sebagai mitra dalam mendistribusikan BBM dan LPG keseluruh konsumen memegang peranan penting untuk dibina. Sebagai apresiasi dan kepercayaan perusahaan terhadap kelancaran aktivitas operasional PPN ingin mewujudkan kemandirian perekonomian keluarga AMT terpilih melalui program CSR sebagai bentuk strategi Community Relations. Namun menjalani prosesnya tidaklah mudah, melainkan terdapat beberapa kendala dan hambatan yang dialami PPN dalam mewujudkan komunitas yang mandiri. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi Community Relations melalui tahapan Pengumpulan Fakta, Perumusan Masalah, Perencanaan & Pemograman, Aksi & Komunikasi dan Evaluasi menurut Cutlip, Centre, Broom (2010). Selain itu, penelitian ini melihat bagaimana pendekatan CSR berdasarkan Sikap Obstruktif, Defensif, Akomodatif, atau Proaktif menurut Widjaja (2010) yang merepresentasikan tujuan Community Relations. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, deep interview dan studi pustaka. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan PPN melakukan 4 dari 5 tahapan Community Relations yaitu Pengumpulan Fakta dengan 10 fakta permasalahan AMT, Perumusan Masalah dengan menciptakan pemberdayaan ekonomi, Perencanaan& Pemograman dengan 2 tahap program CSR, dan Aksi pelaksanaan yang sesuai. Namun pada tahap Komunikasi dan Evaluasi belum terlaksana dengan baik yang disebabkan oleh beberapa hambatan yang terjadi. Sehingga dapat dilihat jenis sikap pendekatan CSR yang terbentuk adalah Sikap Akomodatif.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Community Relations, CSR, , Awak Mobil Tangki, PT. Pertamina
Subjects: Communication > Corporate Communication
Management > Corporate Social Responsibility
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Citra Nabilla Agustien
Date Deposited: 19 Aug 2019 08:46
Last Modified: 19 Aug 2019 08:46
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item