Representasi New Man Pada Tokoh Gambir Dalam Film Pintu Terlarang (2009) Karya Joko Anwar

Shavitri, Andaris Dikarina (2019) Representasi New Man Pada Tokoh Gambir Dalam Film Pintu Terlarang (2009) Karya Joko Anwar. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (695kB) | Preview
[img] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text (pdf)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (91kB) | Preview
[img] Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai representasi laki-laki baru pada tokoh utama dalam film Pintu Terlarang yang rilis pada tahun 2009. Gender merupakan sebuah konstruksi yang memiliki sifat dinamis yang selalu mengalami perubahan dalam pemaknaanya. Kritik feminisme memunculkan paham-paham baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah konsep mengenai laki-laki baru. Perubahan nilai-nilai feminin dan maskulin membuat keduanya saling memasuki dan mempengaruhi satu sama lain. Laki-laki baru merupakan gambaran sosok laki-laki ideal yang merupakan gabungan sensitivitas dan kekuatan dalam diri seorang laki-laki. Konstruksi mengenai laki-laki baru dalam film Pintu Terlarang digambarkan melalui tokoh Gambir dengan beberapa stereotip memperhatikan penampilan, menjunjung tinggi kesetiaan dalam perkawinan, memiliki standar, sensitif dan tidak agresif. Film Pintu Terlarang menjadi korpus data yang telah dianalisis mengenai bagaimana representasi laki-laki baru di konstruksi dalam film ini dan dipahami oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Gender, Maskulinitas, Laki-laki Baru, Representasi, Semiotika Roland Barthes
Subjects: Communication
Communication > Marketing Communications
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: ANDARIS DIKARINA SHAVITRI
Date Deposited: 20 Aug 2019 10:31
Last Modified: 20 Aug 2019 10:31
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item