Strategi Komunikasi Rebranding “Bea Cukai Makin Baik” melalui Instagram @beacukairi dalam Membangun Citra Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Ulfa, Indira Mutia (2019) Strategi Komunikasi Rebranding “Bea Cukai Makin Baik” melalui Instagram @beacukairi dalam Membangun Citra Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi rebranding melalui media sosial Instagram @beacukairi dalam upaya membangun citra Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Penelitian ini menggunakan media sosial Instagram sebagai analisa peneliti untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan @beacukairi dalam upaya membangun citra melalui Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan informan utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, informan tambahan followers instagram @beacukairi, dan expert Social Media Specialist dan juga pengamatan melalui observasi Instagram @beacukairi, lalu sumber data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber yang mendukung dan valid kebenarannya seperti studi pustaka dan penelusuran data online. Bea Cukai sendiri memutuskan untuk melakukan rebranding, ingin memperbaiki citra brand karena sudah memiliki reputasi yang buruk di mata masyarakat yaitu melihat bahwa ada persepsi di masyarakat yang masih belum sampai pada taraf yang diinginkan. Menurut Bea Cukai, saat ini sudah menjadi to be the world leading customs and excise tetapi setelah di cek tanggapan dan persepsi masyarakat masih belum sampai disitu. Masyarakat masih cenderung melihat dan menilai Bea Cukai dari sisi berita negatifnya saja. Bila dilihat dari sejarah pembentukan Bea Cukai, sejak dahulu Bea Cukai sudah memiliki warisan brand dan citra yang belum baik. Dari hal tersebut, Bea Cukai befikir harus ada suatu upaya untuk menyusun sesuatu dalam rangka memutarbalikkan perspektif negatif tadi, menjadi positif, oleh karena itu Bea Cukai melakukan rebranding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rebranding Bea Cukai Makin Baik dalam membangun citra, setelah tiga tahun dari sisi instagram dapat dikatakan makin baik karena telah memberikan informasi kepada mayarakat, yang memadai, Bea Cukai bisa menjawab kebutuhan informasi mereka tetapi disisi lain masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, dari sisi instagram nya, mulai dari konten, timing, dan kecepatannya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Rebranding, Membangun Citra, Instagram, Bea Cukai.
Subjects: Communication Science > Corporate Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indira Mutia Ulfa
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:52
Last Modified: 26 Aug 2019 03:52
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item