Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan Innisfree

Sianipar, Imanian Sonia Veronika (2020) Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan Innisfree. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (917kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Industri kecantikan telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa serta tingginya permintaan masyarakat membuat banyaknya bermunculan produk-produk kecantikan, hal ini meyebabkan semakin ketatnya persaingan pada bisnis produk kecantikan. Maka dari itu perusahaan perlu memiliki strategi yang kuat. Tidak hanya sekedar menjual produk namun juga harus dapat membangun hubungan dengan pelanggan untuk mendorong pelanggan menjadi loyal. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah dengan menerapkan customer relationship management (CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan Innisfree. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, variabel X customer relationship management (complaint handling, trust, dan technology adoption) dan variabel Y loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Innisfree yang menggunakan produk Innisfree, melakukan pembelian produk lebih dari sekali dan pernah melakukan komplain kepada pihak Innisfree. Jumlah sampel sebanyak 98 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer relationship management berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: customer relationship management, complaint handling, trust, technology adoption, loyalitas pelanggan
Subjects: Communication Science > Corporate Communication
Customer Satisfaction
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Imanian Sonia Veronika Sianipar
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:37
Last Modified: 02 Sep 2020 06:37
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item