ANALISIS HUBUNGAN CONTENT MARKETING DENGAN ENGAGEMENT RATE INSTAGRAM BIRO KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS BAKRIE DENGAN METODOLOGI CONTENT ANALYSIS

PERMANA, ANDIKA (2021) ANALISIS HUBUNGAN CONTENT MARKETING DENGAN ENGAGEMENT RATE INSTAGRAM BIRO KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS BAKRIE DENGAN METODOLOGI CONTENT ANALYSIS. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (643kB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi internet mengakibatkan arus informasi komunikasi semakin cepat diterima oleh para penggunanya. Komunikasi melalui internet menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan interaksi antar penggunanya. Sehingga, dengan banyaknya pengguna yang berkomunikasi melalui internet maka akan membentuk sebuah jejaring sosial atau media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi bagaimana pengaruh efektifitas strategi-strategi marketing pada media sosial yang telah diterapkan oleh Instagram @bima.ubarie dalam meningkatkan engagement rate-nya yaitu (like, comment, share, dan save). Penelitian ini menggunakan metodologi content analysis secara kualitatif (skema coding) dan kuantitatif (statistik deskriptif) serta Tes Kruskal Wallis. Dalam strategi marketing media sosial terdapat 6 strategi yang menjadi acuan untuk di teliti, yaitu post format, caption, hashtag, informational content, hari posting, posting time. Penelitian ini juga menggunakan data performa posting @bima.ubakrie selama 5 (lima) bulan terhitung dari 8 Desember 2020 sampai dengan 30 April 2021. Hasil penelitian menunjukkan strategi marketing media sosial yang sudah dilakukan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap engagement rate secara umum, terkecuali jumlah comment. Kemudian, strategi marketing media sosial Instagram @bima.ubakrie hanya menggunakan strategi post berbentuk image, sehingga tim marketing sosial media Instagram @bima.ubakrie perlu melakukan pengkajian ulang terhadap strategi optimalisasi posting-nya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Engagement Rate, Media Sosial, Instagram
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Marketing
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Andika Permana
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:07
Last Modified: 24 Aug 2021 03:07
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item