PENGARUH ENDORSEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK KITA PERUM BULOG SECARA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19

Syurtado, Muchamad (2021) PENGARUH ENDORSEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK KITA PERUM BULOG SECARA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (85kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
05.LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangannya Internet di Indonesia kian masif, tidak terkecuali pengguna Instagram. Dalam dunia instagram juga ada yang disebut sebagai influencer dan selebgram, mereka adalah para pemilik akun instagram dengan ribuan atau bahkan jutaan pengikut atau followers. Tugas dari celebrity endorser atau selebgram adalah untuk menumbuhkan hasrat dari para followersnya untuk membeli atau sekedar mencari tahu mengenai produk yang dipromosikan tersebut. Jadi setelah para followers melihat postingan dari para influencer di instagram harapannya hal tersebut akan menumbuhkan minat beli terhadap produknya. Fenomena ini bersamaan dengan semakin meningkatnya juga tren belanja online dimasa pandemic COVID-19. Dalam hal ini Perum BULOG sebagai BUMN mempunyai peran yang cukup strategis dalam pemenuhan kebutuhan pokok serta ikut mendukung program dari pemerintah untuk tetap dirumah. Perum BULOG memiliki official store di beberapa marketplace guna untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok dari rumah. Dengan memanfaatkan media social Instagram melalui akun @pangankita_official Perum BULOG juga menggandeng beberapa celebrity endorser untuk mempromosikan produknya yang diberi nama Produk KITA. Pemilihan celebrity endorser tidak hanya karena popularitas yang dimilikinya saja, tetapi pemilihan celebrity endorser didasarkan atas keterkaitan nilai karakteristik yang melekat dari celebrity endorser seperti kejujuran, keahlian, daya tarik, pencapaian atau prestasi dan kesamaan yang berkaitan dengan konsumen atau merek itu sendiri. Celebrity endorser yang diteliti adalah yang pernah bekerjasama dengan Perum BULOG sejak bulan November 2020 yang memang dikenal sebagai seorang yang fokus di bidang kuliner dan kesehatan juga aktif di media social. Seperti @magdalenaf, @adeliapasha, @reisabrotoasmoro dan beberapa celebrity endorser lainnya. Penelitian ini juga didasarkan oleh penelitian terdahulu yang terkait dan menyebutkan bahwa celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap minat beli. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement terhadap minat beli produk KITA Perum BULOG secara online dimasa pandemic COVID-19. Terdapat dua variabel penelitian dalam penelitian, yakni Endorsement dan Minat beli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling untuk mendapatkan sampel penelitian. Teknis analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis ialah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh endorsement terhadap minat beli secara signifikan. Hal ini menjelaskan bahwa indikator seperti kejujuran/integritas, keahlian, daya tarik, rasa hormat dan kesamaan yang melekat pada celebrity endorser dari produk KITA memberikan pengaruh pada minat beli kearah yang positif. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa pada dimensi trustworthiness menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan seorang endorser. Hasil penelitian ini menemukan fakta bahwa celebrity endorser dilihat karena kejujuran dan kebenaran dalam menyampaikan informasi yang menjadi daya tarik konsumen.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Minat Beli, Instagram, Pangan, Sembako
Subjects: Customer Behavior
Communication Science > Digital Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muchamad Syurtado
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:55
Last Modified: 26 Aug 2021 01:55
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item