ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN PADA TOP 5 MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING

Sofiah, Maryam (2022) ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN PADA TOP 5 MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (438kB) | Preview

Abstract

Marketplace adalah platform di mana penjual dan pembeli dapat bertemu, dimana pembeli dapat melihat apa saja yang dijual, melakukan transaksi pembelian, dan membayarnya secara online. Terdapat 5 marketplace teratas di Indonesia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Lazada. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan segmentasi pelanggan adalah dengan menggunakan teknik data mining. Salah satu metode analisis data mining adalah analisis clustering. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan segmentasi pelanggan pada pelanggan marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Lazada). Penelitian ini dilakukan pada pengguna marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Lazada di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode K-means Clustering. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa terdapat 10 cluster dari pelanggan marketplace, pada marketplace Shopee terdapat cluster 1. Pada marketplace Tokopedia terdapat cluster 4. Pada marketplace Bukalapak terdapat cluster 10. Pada marketplace Blibli terdapat cluster 3. Pada marketplace Lazada terdapat cluster 7.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Marketplace, Data mining, Segmentasi Pelanggan, Clustering, K-means.
Subjects: Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Maryam Sofiah
Date Deposited: 11 Feb 2022 08:11
Last Modified: 11 Feb 2022 08:11
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5734

Actions (login required)

View Item View Item