Sofiah, Maryam (2022) ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN PADA TOP 5 MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (447kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (438kB) | Preview |
Abstract
Marketplace adalah platform di mana penjual dan pembeli dapat bertemu, dimana pembeli dapat melihat apa saja yang dijual, melakukan transaksi pembelian, dan membayarnya secara online. Terdapat 5 marketplace teratas di Indonesia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Lazada. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan segmentasi pelanggan adalah dengan menggunakan teknik data mining. Salah satu metode analisis data mining adalah analisis clustering. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan segmentasi pelanggan pada pelanggan marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Lazada). Penelitian ini dilakukan pada pengguna marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Lazada di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode K-means Clustering. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa terdapat 10 cluster dari pelanggan marketplace, pada marketplace Shopee terdapat cluster 1. Pada marketplace Tokopedia terdapat cluster 4. Pada marketplace Bukalapak terdapat cluster 10. Pada marketplace Blibli terdapat cluster 3. Pada marketplace Lazada terdapat cluster 7.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketplace, Data mining, Segmentasi Pelanggan, Clustering, K-means. |
Subjects: | Marketing > Customer Relations Management (CRM) Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Maryam Sofiah |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 08:11 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 08:11 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5734 |
Actions (login required)
View Item |