ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL (STUDI PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK, TWITTER DAN WEBSITE YOUTH PROACTIVE)

Putri, Sinta Dwi (2017) ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL (STUDI PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK, TWITTER DAN WEBSITE YOUTH PROACTIVE). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Youth Proactive adalah komunitas yang melibatkan anak muda untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya pemberantasan korupsi. Dalam hal ini, Youth Proactive mengoptimalisasikan sosial media sebagai salah satu media penyampaian pesan. Peneltian ini berfokus mengukur perbedaan kepuasan pada pengguna media sosial antara lain Facebook, Twitter, dan Website dengan menggunakan konsep uses and gratification theory milik Eluhu Katz, Jay G. Blumer, dan Michael Gurevitch. Peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan uji validitas Bivariate Pearson dan reliabilitas Alpha Cronbach. Data yang digunakan diperoleh dari survei berupa kuesioner kepada 150 pengguna media sosial yang juga merupakan jejaring aktif komunitas Youth Proactive. Hasil uji menggunakan One Way Anova menggunakan SPSS menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepuasan antara ketiga media tersebut. Kemudian hasil uji lanjutan Post-Hoc dengan metode Tukey Test membagi tingkat kepuasan penggunan media menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu media sosial Twitter dengan rata-rata kepuasan yang berbeda dan paling kecil. Sedangkan kelompok dua adalah kelompok dengan rata-rata yang sama yaitu media sosial Facebook dan Website. Dapat disimpulkan bahwa media sosial yang memiliki perbedaan nilai rata-rata kepuasan ialah media sosial Twitter, sedangkan tidak terdapat perbedaan kepuasan yang signifikan antara media sosial Facebook dan Website. Kata kunci: media sosial, motivasi, kepuasan, teori uses and gratification.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: motivasi, kepuasan, media sosial, uses and gratification theory
Subjects: Communication
Communication > Corporate Communication
Communication > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sinta Dwi Putri
Date Deposited: 17 Mar 2017 10:30
Last Modified: 17 Mar 2017 10:30
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item