Digital Brand Storytelling Sebagai Upaya Membangun Brand Engagement (Studi Kasus Pada Instagram @skindivore)

Fauzi, Fahmi (2022) Digital Brand Storytelling Sebagai Upaya Membangun Brand Engagement (Studi Kasus Pada Instagram @skindivore). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of cover]
Preview
Text (cover)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Teknik komunikasi storytelling, yang dahulu kala digunakan oleh manusia purba, kini digunakan kembali sebagai teknik komunikasi, khususnya dalam media digital. Storytelling ingin meninggalkan pesan mendalam agar memicu rasa emosional audiens, selalu diingat, dan dimasukkan kedalam hati, sehingga sebuah brand yang memanfaatkan storytelling dapat membuat audiens tergabung atau terlibat dalam brand. Skindivore adalah salah satu brand yang menggunakan storytelling dalam media sosial Instagramnya, sebagai upaya membangun brand engagement. Penelitian ini dikaji menggunakan teori dan kriteria brand storytelling oleh Aaker 2018 dan brand engagement oleh Evans 2010. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksplanatif, yang menjelaskan suatu kasus dari kacamata teori atau konsep brand storytelling dan brand engagement dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis terhadap konten Instagram @skindivore dan juga wawancara dengan beberapa followers dari Instagram @skindivore serta owner dan content marketing Skindivore. Hasil penelitian menunjukan pentingnya 3 konsep brand storytelling dari Aaker, didukung dengan teori brand engagement dari Evans, agar brand storytelling yang dilakukan oleh Skindivore dapat membangun brand engagement lebih kuat dan berbeda dengan brand skincare lainnya. Brand storytelling Skindivore sebagai upaya membangun brand engagement di Instagram telah memenuhi 3 kriteria brand storytelling dan mampu membangun brand engagement dihadapan followers-nya berdasarkan 4 kriteria dari Evans. Kata Kunci: Brand Engagement, Digital Brand Storytelling, Media Sosial Instagram, Skincare.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Brand Engagement, Digital Brand Storytelling, Media Sosial Instagram, Skincare.
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fahmi Fauzi
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:42
Last Modified: 19 Jul 2022 06:42
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6225

Actions (login required)

View Item View Item