EVALUASI PROSES PENJUALAN PRODUK AFTERMARKET DI PT XYZ MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

Pratiwi, Dewi Sekar Ayu (2023) EVALUASI PROSES PENJUALAN PRODUK AFTERMARKET DI PT XYZ MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Submitted Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam meningkatkan komitmen perusahaan diperlukan evaluasi dan analisis terkait proses bisnis penjualan produk aftermarket sehingga menghasilkan perbaikan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada proses bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses bisnis yang berjalan diperusahaan, mengetahui aktivitas yang bernilai tambah dan tidak bernilai tambah pada alur kerja customer order processor (COP), serta mendapatkan penyebab ketidaksesuaian yang membuat proses bisnis tidak berjalan sesuai dengan ketentuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari Business Process Improvement (BPI), Business Process Model and Notation (BPMN), dan Process Value Analysis (PVA) untuk mengidentifikasi proses bisnis yang berjalan sehingga dapat dilakukan perbaikan. Berdasarkan simulasi menggunakan software Provision, ditemukan ketidakefektifan pada proses bisnis penjualan yang disebabkan oleh penundaan waktu dan penundaan masukkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses mendiskusikan perubahan harga dengan pemegang produk dan mengirim Surat Penerimaan Barang (SPB) merupakan aktivitas yang tidak bernilai tambah karena memiliki penundaan waktu yang tinggi, oleh karena itu proses tersebut dihilangkan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Customer Order Processor, Proses Bisnis, Business Process Improvement, Business Process Model and Notation, Process Value Analysis
Subjects: Management > Business Process Management
Business
Management > Business Plan > Business
Management > Business Plan
Industrial & Manufacturing Engineering > Business Process Reengineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Dewi Sekar Ayu Pratiwi
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:48
Last Modified: 18 Aug 2023 03:48
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7920

Actions (login required)

View Item View Item