ANALISIS PENGGUNA INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BAKRIE YANG MEMILIKI SECOND ACCOUNT MENGGUNAKAN COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT THEORY

Rosa, Helvira Sabriana (2019) ANALISIS PENGGUNA INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BAKRIE YANG MEMILIKI SECOND ACCOUNT MENGGUNAKAN COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT THEORY. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang banyak digunakan di Indonesia memiliki fitur multiple account yang memungkinkan penggunanya menggunakan dua akun atau lebih pada satu aplikasi. Dilatarbelakangi oleh alasan di balik fenomena pembuatan second account, lima orang mahasiswa Universitas Bakrie angkatan 2015 dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan untuk menjadi subjek utama dari penelitian ini. Selain wawancara, peneliti juga melakukan observasi terhadap akun asli maupun second account atau fake account yang dimiliki oleh kelima informan. Tujuannya untuk melihat dan menggali lebih dalam motif apa saja yang mempengaruhi individu (pengguna second account di Instagram) terkait proses keintiman untuk mengungkapkan atau menutup informasi privat yang dimilikinya kepada publik melalui asumsi-asumsi Communication Privacy Management Theory (CPM). Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong kelima informan ini membuat second account di media sosial Instagram. Selain menggunakan teori CPM, penelitian ini juga dilengkapi dengan analisis tambahan menggunakan teori Dramaturgi. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif dan melalui pendekatan fenomenologi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa second account digunakan untuk membuat filter pertemanan dalam menentukan tingkat kepercayaan dari kelima informan untuk menyebarkan informasi privatnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: second account, Instagram, asumsi, Communication Privacy Management Theory
Subjects: Communication Science
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Helvira Sabriana Rosa
Date Deposited: 26 Aug 2019 08:13
Last Modified: 26 Aug 2019 08:13
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3036

Actions (login required)

View Item View Item