PRESENTASI DIRI KOMUNITAS ZEPETOR MELALUI AVATAR DI APLIKASI ZEPETO DALAM KONSTRUKSI IDENTITAS DIRI SECARA VIRTUAL

HIDAYAH, FIRA RAHMA AZZIYADATUL (2024) PRESENTASI DIRI KOMUNITAS ZEPETOR MELALUI AVATAR DI APLIKASI ZEPETO DALAM KONSTRUKSI IDENTITAS DIRI SECARA VIRTUAL. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (355kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (156kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan konsep PanggungDepan dan PanggungBelakang, dalam presentasi diri pengguna aplikasi Zepeto serta menganalisis penggunaan elemen visual dari avatar untuk mengekspresikan identitas dan kepribadian mereka. Permasalahan yang melatar belakangi riset ini meliputi ketidak percayaan diri pengguna dalam menggunakan wajah asli di PanggungBelakang, keterbatasan dalam mengekspresikan diri secara bebas, serta kendala ekonomi yang mempengaruhi eksplorasi diri didunia backstage. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, untuk memahami pengalaman subjektif pengguna. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara mendalam, da observasi di dalam Zepeto sebagai data primer dan studi literatur dari jurnal ilmiah, buku,website. Teori Dramaturgi Erving Goffman diterapkan untuk menganalisis bagaimana pengguna Zepeto mengelola identitas mereka di PanggungDepan dan PanggungBelakang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna membentuk citra publik mereka melalui avatar di PanggungDepan untuk memperoleh pengakuan dan membangun reputasi, sementara di PanggungBelakang, mereka yang juga berperan sebagai pekerja dan mahasiswa melakukan penyesuaian dan persiapan untuk mendukung penampilan publik mereka. Kustomisasi avatar memungkinkan ekspresi kepribadian dan minat yang mungkin tidak dapat ditampilkan di dunia nyata, memberikan kebebasan untuk menciptakan versi ideal diri mereka. Temuan ini juga menegaskan bagaimana Zepeto berfungsi sebagai platform eksplorasi identitas baru inovatif untuk pembentukan identitas.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Presentasi diri, Panggung Depan, Panggung Belakang, Avatar, Zepeto
Subjects: Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fira Rahma Azziadayatul Hidayah
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:17
Last Modified: 30 Aug 2024 07:17
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10001

Actions (login required)

View Item View Item