Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dengan Pendekatan The Circular Model of SOME Dalam Upaya Menciptakan Customer Engagement (Studi Kasus Pada Instagram @Karisti_Patisserie)

Larasati, Annisa Putri (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dengan Pendekatan The Circular Model of SOME Dalam Upaya Menciptakan Customer Engagement (Studi Kasus Pada Instagram @Karisti_Patisserie). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 cover.pdf.pdf - Accepted Version

Download (288kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Accepted Version

Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri makanan dan minuman (F&B) telah menciptakan persaingan yang semakin sengit di pasar. Dengan memanfaatkan media sosial yang ada, kini menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam menghadapi tantangan tersebut karena mampu menjangkau konsumen, relevan, dan tepat sasaran. Banyak pelaku usaha, khususnya dalam industri patisserie baik skala kecil maupun menengah, memanfaatkan media sosial Instagram untuk memperkenalkan merek dan memasarkan produk mereka. Salah satunya adalah Karisti Patisserie, yang telah memanfaatkan Instagram sebagai platform pemasaran dan tentunya memerlukan perencanaan strategi yang efektif untuk menjalankan kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital pada Instagram @karisti_patisserie dengan pendekatan The Circular Model of SOME dalam upaya menciptakan customer engagement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Karisti Patisserie memiliki media sosial Instagram yang dilatarbelakangi oleh tingkat kepopuleran media sosial Instagram dan target audiens yang dimiliki. Kemudian dalam melakukan pemasaran melalui Instagram Karisti Patisserie melakukan tahapan-tahapan yang ada pada pendekatan The Circular Model of SOME yang di dalamnya terdapat empat tahapan yaitu: tahap berbagi (Share), tahap optimalisasi (Optimize), tahap mengelola (Manage), dan tahap terlibat (Engage). Meskipun strategi komunikasi pemasaran digital Karisti Patisserie sudah memenuhi empat tahap tersebut, namun dalam pelaksanaannya masih perlu dioptimalkan dalam beberapa tahapan dari The Circular Model of SOME.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Digital, The Circular Model of SOME, Media Sosial Instagram, Customer Engagement, Karisti Patisserie
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisa Putri Larasati
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:36
Last Modified: 28 Aug 2024 07:36
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10050

Actions (login required)

View Item View Item