Pranata, Yono (2024) PERSEPSI KESENJANGAN KOMPETENSI PROFESI AKUNTAN PUBLIK ANTARA AKADEMISI DAN PRAKTISI AKUNTAN PUBLIK: PENDEKATAN FENOMENOLOGI. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (219kB) |
|
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
|
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (77kB) |
|
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam terkait dengan kesenjangan kompetensi lulusan sarjana akuntansi yang dirasakan oleh akuntan publik sebagai pengguna lulusan, terutama kantor akuntan publik di Indonesia dengan akademisi sebagai pendidik yang menyiapkan lulusan sarjana Akuntansi. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan yang dirasakan oleh praktisi sebagai pengguna lulusan dan dukungan hasil penelitian sebelumnya. Menurut perspektif praktisi, seorang sarjana akuntansi tidak hanya memerlukan hard skill, technical skill, dan etika, tetapi juga harus memiliki soft skill dan technology skill. Saat ini, pihak akademisi telah menyediakan hard skill, technical skill, dan etika melalui kurikulum berbasis KKNI di Indonesia. Namun, kualitas tersebut masih belum maksimal, dan pengembangan soft skill serta technology skill bagi calon lulusan akuntan masih kurang diperhatikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Melalui pendekatan fenomenologi ini, penelitian dilakukan melalui wawancara yang sistematis yang kemudian memberikan panduan lebih lanjut untuk mengekstrak tema-tema umum dari setiap wawancara. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas praktikum dan menggunakan metode pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan kontribusi positif secara teoritis dan praktis dalam hal meningkatkan soft skill dan technology skill. Berdasarkan hasil penelitian, pihak akademisi telah membekali para calon lulusan mahasiswa dengan hard skill dan technical skill yang cukup memadai tapi kurang dalam hal soft skill dan technology skill. Hal ini menjadi harapan para praktisi dimana pihak akademisi dapat membekali para calon lulusan mahasiswa dengan hard skill, technical skill, soft skill dan technology skill yang seimbang. Sehingga, para praktisi mengharapkan pihak akademisi dapat lebih membekali para calon lulusan mahasiswa dengan metode belajar yang dapat melatih soft skill dan technology skill tersebut.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akademisi, fenomenologi, kesenjangan kompetensi lulusan akuntansi, dan praktisi akuntan publik |
Subjects: | Accounting > Auditing Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Yono Pranata |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:27 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:27 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10082 |
Actions (login required)
View Item |