Analisis Penggunaan EXO Sebagai Brand Ambassador Produk Scarlett Dalam Menarik Minat Beli EXO-L (Studi Deskriptif Pada Scarlett X EXO)

Hannadatari, Alia (2024) Analisis Penggunaan EXO Sebagai Brand Ambassador Produk Scarlett Dalam Menarik Minat Beli EXO-L (Studi Deskriptif Pada Scarlett X EXO). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00 Cover] Text (00 Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (485kB)
[thumbnail of Bab I - III] Text (Bab I - III)
01 BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (239kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy

Abstract

Scarlett Whitening menjadi salah satu produk kecantikan lokal yang paling unggul dalam pangsa online di Indonesia. Scarlett Whitening ingin menggunakan brand ambassador terkenal dari Korea bernama EXO. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari seorang brand ambassador EXO dalam brand Scarlett Whitening pada penjualan produk Scarlett yang lainnya juga selain produk kolaborasi mereka oleh para EXO-L. Dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan skala Likert, data dikumpulkan melalui kuesioner Google Form dari 100 responden yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara EXO sebagai brand ambassador (variabel independen) terhadap minat beli (variabel dependen), dengan koefisien regresi positif sebesar 0,579 dan korelasi kuat (R = 0,724). Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,524 mengindikasikan bahwa brand ambassador berkontribusi sebesar 52,4% terhadap minat beli, sementara 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung 10,395 lebih besar dari t tabel 1,987, sehingga hipotesis alternatif (Hı) diterima. Dimensi Visibility, dengan kepopuleran dan reputasi EXO, serta komunitas penggemar yang besar, memainkan peran penting dalam membentuk persepsi positif terhadap Scarlett. Hasil kumulatif menunjukkan bahwa EXO sangat efektif dalam meningkatkan visibilitas, daya tarik, kekuatan, dan kepercayaan terhadap produk Scarlett, yang meningkatkan minat beli penggemar.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: efektivitas, brand ambassador, teori VisCAP
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alia Hannadatari
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:42
Last Modified: 12 Sep 2024 07:42
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item