Analisis Strategi Komunikasi Interaktif Streamer @DOGTEXT melalui Tayangan Live Streaming TikTok dalam Memanfaatkan Fitur Gift

Anwaruddin, Muhammad (2024) Analisis Strategi Komunikasi Interaktif Streamer @DOGTEXT melalui Tayangan Live Streaming TikTok dalam Memanfaatkan Fitur Gift. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (598kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (169kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi interaktif dapat dilakukan di media sosial menggunakan fitur yang telah disediakan. Fitur live streaming menjadi salah satu fitur yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi interaktif yang diterapkan oleh streamer @DOGTEXT di platform TikTok, dengan fokus khusus pada penggunaan fitur live streaming dan gift. Fitur gift pada TikTok memungkinkan audiens untuk memberikan koin virtual yang dapat dikonversi menjadi uang nyata oleh streamer, sehingga menjadi salah satu sumber pendapatan utama. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam untuk mengeksplorasi bagaimana @DOGTEXT memanfaatkan fitur gift dalam meningkatkan interaksi dengan audiens. Penerapan strategi komunikasi interaktif yang dilakukan oleh streamer @DOGTEXT dalam tayangan live streaming di TikTok telah menunjukkan efektivitas yang signifikan. Hal ini terlihat dari tingginya tingkat keterlibatan audiens, khususnya melalui fitur gift yang digunakan oleh penonton selama siaran langsung. Strategi yang melibatkan elemenelemen dari model 4C, seperti konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi, berhasil menciptakan interaksi yang mendalam antara streamer dan audiens. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interaktif yang dilakukan secara efektif dapat meningkatkan keterlibatan audiens dan membangun hubungan yang lebih erat antara streamer dan penonton, yang pada akhirnya berdampak positif pada popularitas akun @DOGTEXT di platform TikTok.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Live streaming Interaktif, Komunikasi Pemasaran 4C, TikTok, Gift.
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Anwaruddin
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:55
Last Modified: 04 Sep 2024 01:55
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10413

Actions (login required)

View Item View Item