STRATEGI POLITICAL PUBLIC RELATIONS CALON GUBERNUR DKI JAKARTA 2017-2022 ANIES BASWEDAN DALAM MENGANTISIPASI PEMBERITAAN MEDIA MASSA SELAMA MASA KAMPANYE (STUDI PADA KOMPAS.COM)

Yusuf, Muhammad (2017) STRATEGI POLITICAL PUBLIC RELATIONS CALON GUBERNUR DKI JAKARTA 2017-2022 ANIES BASWEDAN DALAM MENGANTISIPASI PEMBERITAAN MEDIA MASSA SELAMA MASA KAMPANYE (STUDI PADA KOMPAS.COM). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (943kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai calon Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022, Anies Baswedan merupakan salah satu kandidat yang cukup menyita perhatian publik. Pasalnya, Anies yang sebelumnya adalah Menteri Pendidikan dan Budaya di Indonesia sempat terkena perombakan Kabinet Kerja di masa Presiden Jokowi sehingga menyebabkan Anies Baswedan diberhentikan di tengah-tengah masa jabatannya. Sebagai hasilnya, Anies memiliki rekam jejak sebagai “mantan Menteri” yang cukup terekspos di media dan masyarakat. Tentunya ini menjadi reputasi tersendiri bagi Anies Baswedan di mata masyarakat maupun media. Penelitian ini membahas tentang bagaimana praktisi public relations dalam ranah politik dapat menjalankan strategi political public relations yang ditinjau dari teori Brian McNair dalam mengantisipasi berita terkait dengan isu reputasi Anies Baswedan sebagai “mantan Menteri” yang mana referensi berita akan diambil dari Kompas.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi political public relations oleh tim media Anies Baswedan dinilai cukup baik dalam melakukan hubungan dengan media maupun memperbaiki reputasi individu. Tidak hanya itu, tim media Anies Baswedan juga cukup mengintegrasikan trend di masyarakat agar strategi berjalan dengan efektif. Kata kunci: Political Public Relations, Media Relations, Reputasi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Political Public Relations, Media Relations, Reputasi.
Subjects: Communication Science > Corporate Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Yusuf
Date Deposited: 14 Sep 2017 05:13
Last Modified: 14 Sep 2017 05:13
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item View Item