Perencanaan Pemeliharaan Berdasarkan Analisis Kondisi Eksisting Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan Moh. Toha - Jalan Raya Mauk Kota Tangerang)

Hakim, Lukman (2024) Perencanaan Pemeliharaan Berdasarkan Analisis Kondisi Eksisting Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan Moh. Toha - Jalan Raya Mauk Kota Tangerang). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of 00 Cover] Text (00 Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (978kB)
[thumbnail of 01 BAB I-III] Text (01 BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 02 BAB IV] Text (02 BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 03 BAB V] Text (03 BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of 04 DAFTAR PUSTAKA] Text (04 DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (296kB)
[thumbnail of 05 Lampiran] Text (05 Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kondisi perkerasan jalan merupakan faktor krusial dalam memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara serta efisiensi operasional transportasi. Perkerasan jalan yang baik mendukung mobilitas yang lancar, mengurangi biaya pemeliharaan kendaraan, dan mengoptimalkan distribusi barang dan jasa. Namun, seiring beroperasinya jalan akan mengalami penurunan kualitas perkerasan akibat faktor lingkungan, beban lalu lintas, dan usia pakai. Strategi pemeliharaan yang efektif memerlukan pemantauan kondisi jalan secara berkala dan melakukan evaluasi kerusakan. Upaya ini bertujuan untuk menjaga kualitas jalan, mengurangi dampak lingkungan, serta memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Pada penelitian ini dihasilkan kategori poor – fair yang mendominasi kondisi perkerasan jalan menggunakan metode pavement condition index (PCI) dengan nilai 28% untuk perkerasan lentur dan 41% untuk perkerasan lentur dengan salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah patching and utility yang memiliki nilai 10.54% dari luas lokasi tinjauan. Metode perbaikan P6&P2 dan perbaikan slab beton sedikitnya 20% merupakan metode perbaikan yang dianjurkan. Pemeliharaan yang dianjurkan yaitu rehabilitasi major struktural/rekonstruksi sepanjang 55% untuk perkerasan kaku dan preventif ringan/sedang sepanjang 68% untuk perkerasan lentur berdasarkan panjang sampel.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Jalan, Kondisi Permukaan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Pemeliharaan Jalan.
Subjects: Civil Engineering > Construction Material
Civil Engineering > Management of engineering works
Civil Engineering > Transportation Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:44
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10531

Actions (login required)

View Item View Item