Hakim, Lukman (2024) Perencanaan Pemeliharaan Berdasarkan Analisis Kondisi Eksisting Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan Moh. Toha - Jalan Raya Mauk Kota Tangerang). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Text (00 Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (978kB) |
|
Text (01 BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (02 BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (03 BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text (04 DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (296kB) |
|
Text (05 Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kondisi perkerasan jalan merupakan faktor krusial dalam memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara serta efisiensi operasional transportasi. Perkerasan jalan yang baik mendukung mobilitas yang lancar, mengurangi biaya pemeliharaan kendaraan, dan mengoptimalkan distribusi barang dan jasa. Namun, seiring beroperasinya jalan akan mengalami penurunan kualitas perkerasan akibat faktor lingkungan, beban lalu lintas, dan usia pakai. Strategi pemeliharaan yang efektif memerlukan pemantauan kondisi jalan secara berkala dan melakukan evaluasi kerusakan. Upaya ini bertujuan untuk menjaga kualitas jalan, mengurangi dampak lingkungan, serta memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Pada penelitian ini dihasilkan kategori poor – fair yang mendominasi kondisi perkerasan jalan menggunakan metode pavement condition index (PCI) dengan nilai 28% untuk perkerasan lentur dan 41% untuk perkerasan lentur dengan salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah patching and utility yang memiliki nilai 10.54% dari luas lokasi tinjauan. Metode perbaikan P6&P2 dan perbaikan slab beton sedikitnya 20% merupakan metode perbaikan yang dianjurkan. Pemeliharaan yang dianjurkan yaitu rehabilitasi major struktural/rekonstruksi sepanjang 55% untuk perkerasan kaku dan preventif ringan/sedang sepanjang 68% untuk perkerasan lentur berdasarkan panjang sampel.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan Jalan, Kondisi Permukaan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Pemeliharaan Jalan. |
Subjects: | Civil Engineering > Construction Material Civil Engineering > Management of engineering works Civil Engineering > Transportation Engineering Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Lukman Hakim |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:44 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10531 |
Actions (login required)
View Item |