Komunikasi Organisasi Dalam Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta (Studi Kasus : Implementasi Aplikasi Trello Pada Sub Bagian PDLN)

Xavier, Shakila Shafa (2024) Komunikasi Organisasi Dalam Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta (Studi Kasus : Implementasi Aplikasi Trello Pada Sub Bagian PDLN). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (230kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas implementasi aplikasi Trello dalam Sub Bagian PDLN (Perjalanan Dinas Luar Negeri) di Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta yang berfokus pada komunikasi organisasi serta menganalisis penggunaan aplikasi Trello dan dampaknya terhadap efektivitas komunikasi di dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penggunaan aplikasi Trello memengaruhi praktik komunikasi organisasi di Sub Bagian PDLN. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi project management yang membantu mengorganisasi proyek dalam bentuk visual. Aplikasi ini juga membantu mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan yang terdiri dari penelitian, penetapan tujuan, dan perencaan strategi untuk seluruh proyek atau pekerjaan. Dalam hal ini, maka aplikasi Trello seharusnya dapat membantu penggunanya dalam menerapkan komunikasi organisasi. Dengan aplikasi tersebut dapat membuat anggota tim untuk bekerjasama secara real time. Dalam Sub Bagian PDLN sendiri kurangnya dalam pembagian kerja, karena faktor komunikasi yang kurang serta koordinasi dari kepala sub bagian tersebut. Setelah mereka menerapkan aplikasi Trello komunikasi yang tercipta sudah mulai membaik dan efektif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori komunikasi birokrasi Max Weber. Penelitian ini menganalisis tiga karaktirstik dari Max Weber diantaranya pembagian kerja, aturan tertulis, dan kepribadian. Dengan teknik pengumpulan data mewawancarai tiga narasumber dari Sub Bagian PDLN yang nantinya peneliti akan mengetahui implementasi aplikasi Trello di bagian tersebut dapat meningkatkan proses komunikasi yang efektif.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Trello, Komunikasi Organisasi, PDLN
Subjects: Management > Corporate Governance
Management > Organizational Behavior
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Shakila Shafa Xavier
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:58
Last Modified: 05 Sep 2024 06:58
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item