Rahmadi, Nabil Hanif (2024) Analisis Keberasaan Pesan Surat Personal Elektronik CEO Dalam Menghadapi Situasi Krisis Pandemi Covid-19 (Studi Perbandingan Komunikasi Berasa Dua CEO Maskapai Penerbangan). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Accepted Version Download (315kB) |
|
Text (Bab i - III)
01. Bab I - III.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
02. Bab IV.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
03.Bab V.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
04. Bab Daftar Pustaka.pdf.pdf - Accepted Version Download (112kB) |
|
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk industri penerbangan. Sebagai tanggapan, perusahaan maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia dan Air Asia menggunakan email dari CEO sebagai media komunikasi krisis untuk merawat hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan menganalisis resepsi pelanggan terhadap keberasaan pesan dalam email tersebut, dengan fokus pada dimensi komunikasi berasa: keberasaan indrawi, emosional, rasional, relevansional, benefisial, dan sosial. Studi ini menggunakan pendekatan analisis resepsi dengan data yang diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur terhadap tiga informan yang merupakan pelanggan aktif kedua maskapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa email dari CEO Garuda Indonesia berhasil menciptakan rasa aman dan kepercayaan melalui informasi langkah mitigasi kesehatan yang terstruktur dan relevan. Sementara itu, email CEO Air Asia menonjolkan pendekatan emosional dengan transparansi tantangan internal perusahaan dan empati terhadap karyawan. Penelitian ini menegaskan pentingnya komunikasi krisis yang relevan, sensitif, dan terfokus pada kebutuhan pelanggan untuk menjaga hubungan serta citra perusahaan di masa sulit. Selain berkontribusi pada literatur komunikasi berasa, hasil penelitian ini menawarkan wawasan praktis bagi perusahaan dalam meningkatkan efektivitas komunikasi krisis mereka.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi berasa, email CEO, pandemi COVID-19, komunikasi krisis, analisis resepsi |
Subjects: | Communication Science > Corporate Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nabil Hanif Rahmadi |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 09:49 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 09:49 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11097 |
Actions (login required)
View Item |