Anggreni, Anggie Felitha (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Digital melalui Key Opinion Leader untuk Meningkatkan Penjualan Produk Baru (Studi Kasus Akun TikTok @BagasBucinn PT. Kuka Furniture Home Indonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (194kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (42kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (150kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan pesat teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat telah membawa perubahan gaya hidup pada masyarakat. Era digital memberi kemudahan pada pengguna terlebih di pola gaya hidup. Pertumbuhan pesat e-commerce menjadi bukti nyata. Maraknya pertumbuhan e-commerce menciptakan banyak platform salah satunya adalah TikTok Shop yang memiliki fitur live streaming dan yellow-cart yang bisa dimanfaatkan oleh influencer atau key opinion leader (KOL). KOL menjalankan bagian strategi komunikasi pemasaran digital yang terbukti efektif. Sebagai langkah yang inovatif, PT. Kuka Furniture Home Indonesia menjadikan @bagasbucinn yang awalnya karyawan menjadi KOL dan memanfaatkan fitur TikTok seperti live streaming, yellow-cart, dan konten video pendek untuk membangun kepercayaan audiens sehingga membuat keputusan pembelian pada akun @bagasbucinn meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi pemasaran digital melalui key opinion leader pada akun @bagasbucinn yang digunakan oleh PT. Kuka Furniture Home Indonesia untuk meningkatkan penjualan produk baru PT. Kuka yaitu bedcover dan sprei. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan tiga key informan yakni dari project manager, content team, dan live operator. Serta melibatkan dua informan tambahan yakni talent dari @bagasbucinn itu sendiri yakni Bagas dan pengikut dari akun @bagasbucinn yang sudah melakukan penelitian. Pada bulan pertama dan bulan kedua jalannya project ini, belum menghasilkan sales signifikan yakni hanya 4%. Dengan adanya akun @bagasbucinn hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan berhasil meningkatkan penjualan produk bedcover dan sprei hingga 54,5% selama periode Maret-Agustus 2024. Selain itu, konten kreatif yang dirancang dengan konsep persuasif mampu membangun citra positif pada KOL serta meningkatkan engagement audiens. Meskipun demikian, tantangan utama yang dihadapi adalah memastikan konsistensi dalam produksi konten dan pengelolaan interaksi dengan audiens. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital melalui KOL yang efektif dapat menjadi alat utama dalam memaksimalkan potensi pemasaran di platform media sosial, khususnya TikTok.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy, Digital Marketing Communication, TikTok, Key Opinion Leader, Sales Growth |
Subjects: | Communication Science > Digital Communication Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Anggie Felitha Anggreni |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 07:16 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |