Salma, Anisa Nadya (2025) Analisis Dimensi Identitas dan Konsumsi dalam Teori Sirkuit Budaya Stuart Hall di Ohio Amerika Serikat (Studi Pada Restoran Shinto Japanese Steakhouse). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
(00. Cover).pdf - Accepted Version Download (488kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
(01. BAB I-III).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (946kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
(02. BAB IV).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
(03. BAB V).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB Daftar Pustaka)
(04. BAB Daftar Pustaka).pdf - Accepted Version Download (167kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
(05. Lampiran).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menganalisis dimensi identitas dan konsumsi dalam konteks globalisasi menggunakan pendekatan Teori Sirkuit Budaya Stuart Hall. Studi ini berfokus pada bagaimana budaya Jepang, khususnya makanan Jepang, diterima dan dipersepsikan oleh konsumen Amerika melalui studi kasus restoran Shinto Japanese Steakhouse di Ohio, Amerika Serikat. Menggunakan metode kualitatif dengan observasi dan wawancara, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana identitas budaya dikonstruksi melalui pengalaman kuliner dan bagaimana aspek konsumsi dipengaruhi oleh globalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa restoran Jepang tidak hanya melayani komunitas imigran, tetapi juga menjadi simbol status bagi masyarakat Amerika yang lebih luas. Persepsi terhadap kesehatan, keaslian, dan eksklusivitas makanan Jepang dipengaruhi oleh jaringan global yang kompleks, yang mencerminkan percampuran budaya antara Jepang dan Amerika Serikat. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa media sosial memainkan peran penting dalam membentuk citra makanan Jepang, mendorong popularitasnya di pasar internasional. Implikasi penelitian ini menyoroti bahwa kuliner dapat digunakan sebagai alat diplomasi budaya yang efektif, serta bagaimana pemahaman akan interaksi budaya melalui makanan dapat membantu pelaku bisnis kuliner dalam merancang strategi pemasaran yang lebih adaptif. Dengan terus berinovasi dan mempertahankan keaslian budaya, restoran Jepang di luar negeri dapat berfungsi sebagai representasi autentik dari budaya Jepang dalam lanskap global.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identitas Budaya, Konsumsi, Globalisasi, Sirkuit Budaya, Kuliner Jepang. |
Subjects: | Global Market Marketing Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Anisa Nadya Salma |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:29 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:29 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |