Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceive Usefulness, Technology Self-Efficacy dan Perceived Trust terhadap Intention to Use Self-Checkout: Studi Kasus Uniqlo Indonesia (PIM 1)

Raudhah, Siti Mardhiyah Nurur (2025) Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceive Usefulness, Technology Self-Efficacy dan Perceived Trust terhadap Intention to Use Self-Checkout: Studi Kasus Uniqlo Indonesia (PIM 1). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (273kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dalam industri ritel mendorong adopsi sistem self-checkout sebagai alternatif layanan kasir konvensional. Namun, penerimaan pelanggan terhadap teknologi ini masih rendah, terutama di Indonesia, di mana sistem self-service technology belum sepenuhnya umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat pelanggan Uniqlo PIM 1 untuk menggunakan mesin self-checkout, dengan menggunakan kerangka teori TAM dan menambahkan variabel baru yang relevan, untuk menangkap pemahaman yang lebih komprehensif. Penelitian ini menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, technology self-efficacy, dan perceived trust terhadap intention to use. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan survei online untuk mengumpulkan data. Kuesioner disebarkan kepada konsumen Uniqlo di PIM 1, yang sebelumnya menggunakan mesin self-checkout. Hasil survei memperoleh sebanyak 105 responden yang valid. Pengujian ini dilakukan dengan Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS versi 27. Temuan ini mengungkap bahwa keempat faktor berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intention to use, menekankan peran pentingnya dalam adopsi self-chekcout. Temuan ini, berkontribusi pada penelitian tentang adopsi teknologi di ritel fashion. Studi selanjutnya dapat mengeksplorasi variabel tambahan dan faktor demografi, untuk memperdalam pemahaman tentang penerimaan self-checkout.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Self-checkout, Technology Acceptance Model, Technology Self-Efficacy, Perceived Trust, Retail.
Subjects: Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Marketing
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Siti Mardhiyah Nurur Raudhah
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:34
Last Modified: 27 Feb 2025 04:34
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11344

Actions (login required)

View Item View Item