Analisis Respon Khalayak Pada Video Promosi Film “Ketika Berhenti di Sini" Versi “Ketika Berjumpa di Sini (Social Experiment)”

Tiur, Nur (2025) Analisis Respon Khalayak Pada Video Promosi Film “Ketika Berhenti di Sini" Versi “Ketika Berjumpa di Sini (Social Experiment)”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.COVER.pdf - Accepted Version

Download (454kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (122kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tayangan promosi film memiliki peran penting dalam menarik perhatian dan membangun keterlibatan audiens. Penggunaan pendekatan daya tarik emosional sering dijumpai pada tayangan-tayangan promosi seperti promosi film, promosi produk, ataupun promosi destinasi wisata. Untuk itu penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis respon khalayak terhadap video promosi film “Ketika Berhenti di Sini” versi "Ketika Berjumpa di Sini (Social Experiment)" yang menggunakan daya tarik emosional sebagai strategi utama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara triangulator, serta dianalisis menggunakan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk memahami pola keterlibatan audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi kesedihan menjadi daya tarik utama yang paling melekat di benak audiens. Semua informan mengalami tahapan attention dan interest, menandakan bahwa video ini berhasil menarik perhatian dan membangkitkan minat. Namun, tidak ada informan melanjutkan ke tahap search. Pada tahap action, hanya terdapat dua informan yang berencana untuk memasukan film ketika berhenti di sini ke wishlist tanpa melakukan tindakan nyata. Dan untuk tahapan share, informan hanya berencana untuk membagikan pengalaman mereka menonton tayangan tersebut secara langsung ke teman terdekat tanpa membagikannya di sosial media mereka. Hal tersebut menunjukkan bahwa daya tarik emosional saja tidak selalu cukup untuk mendorong keterlibatan lebih lanjut, diperlukan pertimbangan faktor-faktor lain seperti psikososial target audiens.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Emotional appeal, promotional video, AISAS model
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Tiur
Date Deposited: 28 Feb 2025 09:37
Last Modified: 28 Feb 2025 09:37
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item View Item