Tiur, Nur (2025) Analisis Respon Khalayak Pada Video Promosi Film “Ketika Berhenti di Sini" Versi “Ketika Berjumpa di Sini (Social Experiment)”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00.COVER.pdf - Accepted Version Download (454kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (122kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tayangan promosi film memiliki peran penting dalam menarik perhatian dan membangun keterlibatan audiens. Penggunaan pendekatan daya tarik emosional sering dijumpai pada tayangan-tayangan promosi seperti promosi film, promosi produk, ataupun promosi destinasi wisata. Untuk itu penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis respon khalayak terhadap video promosi film “Ketika Berhenti di Sini” versi "Ketika Berjumpa di Sini (Social Experiment)" yang menggunakan daya tarik emosional sebagai strategi utama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara triangulator, serta dianalisis menggunakan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk memahami pola keterlibatan audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi kesedihan menjadi daya tarik utama yang paling melekat di benak audiens. Semua informan mengalami tahapan attention dan interest, menandakan bahwa video ini berhasil menarik perhatian dan membangkitkan minat. Namun, tidak ada informan melanjutkan ke tahap search. Pada tahap action, hanya terdapat dua informan yang berencana untuk memasukan film ketika berhenti di sini ke wishlist tanpa melakukan tindakan nyata. Dan untuk tahapan share, informan hanya berencana untuk membagikan pengalaman mereka menonton tayangan tersebut secara langsung ke teman terdekat tanpa membagikannya di sosial media mereka. Hal tersebut menunjukkan bahwa daya tarik emosional saja tidak selalu cukup untuk mendorong keterlibatan lebih lanjut, diperlukan pertimbangan faktor-faktor lain seperti psikososial target audiens.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emotional appeal, promotional video, AISAS model |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nur Tiur |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 09:37 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 09:37 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |