Pengaruh Rating, Online Customer Review Dan Sales Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fitur Gofood

Paramitha, Calida Claudia (2025) Pengaruh Rating, Online Customer Review Dan Sales Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fitur Gofood. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.cover.pdf - Accepted Version

Download (830kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (399kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh rating, online customer review, dan sales promotion terhadap keputusan pembelian pada fitur GoFood. Latar belakang didasari oleh pertumbuhan signifikan layanan pesan antar makanan di Indonesia, dengan GoFood sebagai salah satu platform yang dominan. Permasalahan penelitian berfokus pada bagaimana ketiga faktor tersebut mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan layanan GoFood, mengingat peran penting teknologi digital dalam mendorong efisiensi dan kenyamanan dalam bertransaksi. Landasan teoritis yang digunakan rating oleh Lee & Kotler (2020), online customer review oleh Hennig-Thurau et al. (2004), dan sales promotion Kotler & Keller (2016). Penelitian dilakukan dengan pendekatan survei menggunakan metode kuantitatif eksplanatif, dengan teknik sampel jenuh yang melibatkan 75 responden dari karyawan Bank BCA KCU Cibubur. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 16, serta uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji beda (uji T). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara simultan antara rating, online customer review, dan sales promotion terhadap keputusan pembelian GoFood. Secara parsial, rating dan online customer review memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan sales promotion. Hasil uji T menunjukkan nilai signifikan 0,00 untuk rating dan online customer review, serta 0,045 untuk promosi penjualan, di mana seluruh nilai signifikan < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rating, online customer review, dan sales promotion berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada fitur GoFood. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi GoFood dan pelaku usaha F&B untuk meningkatkan kualitas layanan dan merancang strategi promosi yang lebih efektif guna memperkuat loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Rating, Online Customer Review, Sales Promotion, Keputusan Pembelian, GoFood
Subjects: Customer Behavior
Communication Science > Marketing Communications
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Calida Claudia Paramitha
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:17
Last Modified: 03 Mar 2025 06:17
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item