Ghifary, Muhammad Rifqi (2025) STIGMATISASI TERHADAP BAND PEREMPUAN THE DARE DALAM KONTEN INSTAGRAM (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version Download (949kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (299kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
Abstract
Band perempuan The Dare menghadapi berbagai stigma dalam industri musik yang didominasi laki-laki, di mana mereka sering dipandang kurang kompeten atau sekadar objek visual. Media sosial, khususnya Instagram, menjadi sarana mereka untuk melawan stigma ini dan menyuarakan kesetaraan gender. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes untuk mengkaji bentuk stigmatisasi dalam konten Instagram The Dare serta mengidentifikasi mitos yang berkembang terkait representasi perempuan dalam industri musik. Data diperoleh melalui observasi unggahan Instagram, wawancara dengan anggota band dan pengikutnya, serta triangulasi dengan aktivis perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa The Dare menghadapi stigma berupa pelabelan, stereotipe, pemisahan, dan diskriminasi, namun mereka berhasil menggunakan media sosial sebagai alat perlawanan, menegaskan posisi perempuan sebagai individu yang berdaya, serta mendorong kesetaraan gender dalam dunia musik.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stigmatisasi, band perempuan, The Dare, media sosial, semiotika, Roland Barthes. |
Subjects: | Communication Science > Journalism Communication Science > Semiotics and Consumer Culture Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhammad Rifqi Ghifary |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 04:15 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:14 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |