Putra, Daffa Rizky Sahna (2025) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DITINJAU DARI FAKTOR MODEL HAWKINS TERHADAP MINAT BELI STARLIGHT MEMBER (STUDI KASUS GAME MOBILE LEGEND). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf - Accepted Version Download (460kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA.pdf - Accepted Version Download (153kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
Abstract
Selama pandemi, game online menjadi sumber penghasilan bagi banyak orang, seperti menjadi joki game atau konten kreator di YouTube, yang turut mendukung ekonomi kreatif. Industri ini bahkan menjadi penyumbang ke-7 terbesar PDB ekonomi kreatif Indonesia pada 2020. Pembelian virtual items seperti Starlight Member di Mobile Legends dipengaruhi oleh faktor psikologis, termasuk motivasi, persepsi, Pembelajaran, Kepercayaan dan Sikap, Ekspektasi, dengan daya tarik utama berupa produk eksklusif berjangka waktu. Penelitian kualitatif yang melibatkan wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa faktor psikologis dalam model Hawkins, khususnya persepsi, motivasi, dan ekspektasi, sangat dominan dalam keputusan pembelian konsumen. Ketertarikan, keinginan, dan perhatian menjadi tiga aspek utama yang mencerminkan minat beli terhadap produk ini. Selain itu, konten kreator yang mereview skin atau item virtual lainnya berkontribusi dalam mendorong pembelian, memperkuat perilaku konsumtif pemain. Fenomena ini menegaskan peran penting faktor psikologis dalam keputusan pembelian konsumen di game online dan relevansinya bagi perkembangan ekonomi kreatif.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Mobile Legends, Starlight Member, Faktor Psikologis, Model Hawkins, Minat Beli. |
Subjects: | Marketing > Commercial Products Customer Behavior Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Daffa Rizky Sahna Putra |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 04:27 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 04:27 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |