ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DITINJAU DARI FAKTOR MODEL HAWKINS TERHADAP MINAT BELI STARLIGHT MEMBER (STUDI KASUS GAME MOBILE LEGEND)

Putra, Daffa Rizky Sahna (2025) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DITINJAU DARI FAKTOR MODEL HAWKINS TERHADAP MINAT BELI STARLIGHT MEMBER (STUDI KASUS GAME MOBILE LEGEND). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf - Accepted Version

Download (460kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Selama pandemi, game online menjadi sumber penghasilan bagi banyak orang, seperti menjadi joki game atau konten kreator di YouTube, yang turut mendukung ekonomi kreatif. Industri ini bahkan menjadi penyumbang ke-7 terbesar PDB ekonomi kreatif Indonesia pada 2020. Pembelian virtual items seperti Starlight Member di Mobile Legends dipengaruhi oleh faktor psikologis, termasuk motivasi, persepsi, Pembelajaran, Kepercayaan dan Sikap, Ekspektasi, dengan daya tarik utama berupa produk eksklusif berjangka waktu. Penelitian kualitatif yang melibatkan wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa faktor psikologis dalam model Hawkins, khususnya persepsi, motivasi, dan ekspektasi, sangat dominan dalam keputusan pembelian konsumen. Ketertarikan, keinginan, dan perhatian menjadi tiga aspek utama yang mencerminkan minat beli terhadap produk ini. Selain itu, konten kreator yang mereview skin atau item virtual lainnya berkontribusi dalam mendorong pembelian, memperkuat perilaku konsumtif pemain. Fenomena ini menegaskan peran penting faktor psikologis dalam keputusan pembelian konsumen di game online dan relevansinya bagi perkembangan ekonomi kreatif.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Game Online, Mobile Legends, Starlight Member, Faktor Psikologis, Model Hawkins, Minat Beli.
Subjects: Marketing > Commercial Products
Customer Behavior
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Daffa Rizky Sahna Putra
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:27
Last Modified: 05 Jun 2025 04:27
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11681

Actions (login required)

View Item View Item