NOVEANSYAH, NOVEANSYAH (2025) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA PELAYANAN TERHADAP WORD OF MOUTH PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KLINIK XYZ JAKARTA. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (606kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (283kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan jumlah kunjungan pasien di Klinik XYZ Jakarta. Di mana kondisi ini diduga karena persepsi negatif terhadap kualitas pelayanan dan harga pelayanan di Klinik XYZ. Pasien merasa pelayanan belum optimal sehingga mempengaruhi kepuasan dan menghambat terjadinya promosi dari mulut ke mulut (word of mouth), yang sangat penting dalam menarik pasien baru untuk berobat. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas pelayanan dan harga pelayanan terhadap WOM dengan dimediasi oleh kepuasan pasien. Pendekatan penelitian ini kuantitatif eksplanatori dengan data dikumpulkan melalui kuesioner 100 pasien dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel dalam penelitian. Hasil menunjukan bahwa kualitas dan harga pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Kepuasan pasien juga berpengaruh signifikan terhadap word of mouth, namun kualitas dan harga pelayanan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap word of mouth tanpa dimediasi kepuasan pasien. Hal ini menunjukkan peran penting kepuasan sebagai mediator dalam membentuk perilaku rekomendatif. Kepuasan pasien menjadi faktor kunci dalam mendorong terjadinya WOM. Kualitas dan harga pelayanan berperan penting dalam membentuk kepuasan, tetapi tidak cukup kuat secara langsung mendorong WOM tanpa kepuasan. Dengan demikian, Klinik XYZ perlu fokus terhadap peningkatan pelayanan dan nilai harga agar menciptakan pengalaman positif yang dapat direkomendasikan oleh pasien secara sukarela.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Harga Pelayanan, Kepuasan Pasien, Word of Mouth, Klinik XYZ |
Subjects: | Medicine > RA Public aspects of medicine Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Noveansyah Rudolf |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:56 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:56 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |