Pengaruh Strategi Cool Japan Terhadap Pembentukan Persepsi ‘Keren’ terhadap Jepang : Studi Kasus di Indonesia

Radhiansyah, Muhammad Rakhshan (2025) Pengaruh Strategi Cool Japan Terhadap Pembentukan Persepsi ‘Keren’ terhadap Jepang : Studi Kasus di Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00 COVER.pdf - Accepted Version

Download (703kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (34MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap Jepang setelah implementasi Strategi Cool Japan di komunitas Cosplay Jakarta, Jakarta - Indonesia. Perubahan ini merujuk pada pembentukan persepsi ‘keren’ terhadap entitas dan aspek kebudayaan Jepang secara menyeluruh. Ini penting dilakukan karena Strategi Cool Japan merupakan salah satu bentuk diplomasi budaya yang menegaskan pengaruh soft power dari Jepang. Perubahan persepsi masyarakat Internasional terhadap suatu kebudayaan memberikan dampak positif termasuk munculnya ketertarikan dan manfaat ekonomi. Penelitian fokus pada perubahan persepsi yang menjadi kebaruan (novelty) dari penelitian sebelumnya. Konstruktivisme sebagai paradigma utama dan teori diplomasi,nation branding dan persepsi digunakan untuk mendesain metode penelitian dan analisa hasil data Penulis menggunakan metode kualitatif melalui wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Cool Japan berhasil merubah persepsi dari netral menjadi positif pada masyarakat Indonesia yang tergabung pada Cosplay Jakarta.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Cool Japan, Soft Power, Budaya, Persepsi.
Subjects: Political Science > Political theory
Political Science > International Relations
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Rakhshan Radhiansyah
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:59
Last Modified: 29 Jul 2025 07:59
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11758

Actions (login required)

View Item View Item